Ribut Gonggongan Anjing, Adu Keren Isi Garasi Roy Suryo dan Menag

Menag Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Humas

VIVA – Siapa sangka Roy Suryo dan Yaqut Cholil Qoumas yang menjadi Menteri Agama alias Menag, adalah dua orang isi garasi rumahnya didominasi oleh satu merek mobil saja.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Keduanya saat ini sedang menjadi sorotan publik, lantaran Roy Suryo akan melaporkan Yaqut ke pihak kepolisian, karena pernyataan Menag yang membandingkan suara toa masjid dengan gonggongan anjing.

Hal tersebut membuat Roy Suryo bersama  KPI akan melaporkan Yaqut ke Polda Metro Jaya, Kamis hari ini sekitar pukul 15.00 WIB. Ia bilang akan membawa bukti-bukti rekaman audio visual pernyataan Yaqut.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Dalam keterangan Roy, rencana laporan terhadap Yaqut karena ucapannya yang diduga membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing. Menurutnya, Yaqut diduga melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE) atau Pasal 156a KUHP tentang penistaan agama.

Kembali lagi ke koleksi mobil keduanya, ternyata mantan Ketua Umum GP Anshor dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahrga ini sama-sama fanatik dengan satu merek mobil.

Stafsus Menag Beberkan Upaya Kemenag Dukung Program Prioritas Pemerintah

Yaqut hanya memiliki mobil bermerk Mazda di garasi rumahnya, data itu didapat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Nasional yang disetorkan pada Juni 2019, ketika dirinya menjabat sebagai anggota DPR RI. Gus Yaqut memiliki total kekayaan senilai Rp900 jutaan atau tepatnya Rp936.396.000.

New Mazda CX-5 GT

Photo :
  • Mazda

Dari total harta kekayaannya tersebut, ternyata di garasi rumahnya hanya terdapat dua mobil dengan merek Mazda, yakni Mazda Biante tahun 2014 dengan kisara harga Rp400 juta, dan Mazda CX-5 tahun 2015 yang harga jualnya sekitar Rp482 juta.

Sementara politikus bernama lengkap Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo, memiliki puluhan unit koleksi mobil Mercedes-Benz.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 31 Desember 2018 saat ingin kembali mencalonkan anggota DPR RI, total kekayaan yang dimiliki Roy Suryo nilainya mencapai Rp4,190 miliar.

Sebagian kekayaanya disumbang dari koleksi kendaraan. Tercatat di dalam garasi rumahnya, terparkir 35 mobil Mercedes-Benz dengan tahun produksi mulai dari 1961 sampai 2005, secara total nilainya mencaapai Rp2,621 miliar.

Semua Mercedes-Benz yang dimiliki Roy Suryo didominasi jenis sedan, namun tidak dijelaskan detil tipe dari masing-masing unit. Hanya ada beberapa, diantaranya SLK 230 tahun 2000 seharga Rp200 juta, S 230 tahun 2000 nilainya Rp150 juta.

Kemudian jenis SUV, yakni ML 430 buatan 2003 harganya Rp97,8 juta, jenis hatchback A 150 tahun 2005 nilainya Rp125 juta, kemudian CLK 230 dilego Rp110 juta lansiran 1999.   

Sebelumnya pakar telematika itu diketahui memiliki 50 mobil Mercedes-Benz yang terparkir di garasi rumah dinasnya, puluhan mobil buatan Jerman tersebut juga dimiliki sang ayah. Dia mengaku sudah tertarik dan mulai mengkoleksi Mercy sejak 1998.

Alasan Roy Suryo lebih memiilh mobil asal Jerman tersebut, karena meski umurnya sudah cukup lawas namun sampai saat ini masih terlihat menarik. Selain itu mobil tersebut tetap nyaman digunakan, serta memiliki komponen yang awet.

Menurut beberapa sumber, Roy Suryo memiliki K700 buatan 1935 yang tidak terdaftar dalam LHKPN. Mobil Jerman yang jadi incaran kolektor itu pernah diboyongnya dalam acara Jambore Nasional komunitas Mercedes-Benz di Yogyakarta pada 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya