Kompetisi Kendaraan Masa Depan di Sirkuit Mandalika Ini Diikuti Pembalap Perempuan

Driver Perempuan di Shell Eco-Marathon 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Di Indonesia ada kompetisi bernama Shell Eco Marathon 2022. Kegiatan tersebut baru saja diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Di sana ada beragam inovasi dan teknologi terkait penghematan bahan bakar kendaraan.

Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Masyarakat Indonesia pada Kopi

Diketahui, kompetisi ini diramaikan oleh lebih dari 40 tim yang diwakili dari negara sembilan negara di kawasan Asia Pasifik. Adapun negara yang mengikuti seperti India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Dari puluhan tim para peserta, ada salah satu yang unik dari kompetisi, yaitu terdapat driver perempuan asal Indonesia. Tim dari Universitas Brawijaya jadi salah satu peserta yang sukses menyedot perhatian di gelaran kegiatan ini.

UIN Jakarta Buka Pendaftaran Mandiri Non-Reguler, Cek 6 Skema dan Syaratnya!

Tim Apatte Elang Perkasa di Shell Eco-Marathon 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Pembalap itu bernama Natalia Fitri Clerin yang merupakan tim dari Apatte Elang Perkasa. Berstatus sebagai pengemudi dalam ranah kompetisi berbau maskulin tak lantas membuat dirinya kurang percaya diri. Bahkan dia mampu menoreh hasil yang cukup baik.

Kisah Inspiratif dari UTBK Unesa: Peserta Berinfus dan Pakai Selang Demi Menggapai Cita-cita

Clerin mengatakan dalam sekali mencoba dirinya mengakui catatannya cukup mengesankan. Hal itu dikarenakan, dia telah melakukan beberapa persiapan seperti, salah satunya menjaga berat badan agar tetap selaras dengan rugalasi yang sudah ditetapkan oleh pihak penyelenggara.

"Kalau persiapan, saya ya pasti sebagai pembalap harus menjaga berat badan saya sendiri. Kan ada regulasinya, selain itu strategi mengemudi juga, saya sebetulnya kurang banyak mengetahui dunia otomotif atau dunia balap. Jadi saya banyak belajar tentang strategi-strategi ini," ujar Clerin di Sirkuit Internasional Mandalika, dikutip VIVA Minggu 16 Oktober 2022.

Selain itu, dia juga memberitahu bahwa trek di sirkuit ini memiliki tikungan yang cukup baik, bahkan aspalnya terlihat bagus dan luas. Oleh karena itu, dirinya mendapatkan hasil yang cukup baik dan pencapaian sesuai diharapkan oleh tim mereka. Diketahui, dirinya ikut kategori prototype di Shell-Eco Marathon tahun ini.

"Saya sudah mencoba satu kali Kalau target, sebenarnya ini jauh dari target awal kita. Soalnya kalau target awal kita  sebenarnya paling enggak bisa finish itu sudah hebat banget. Soalnya ini juga mobil pertama kami di kategori prototype," tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, Clerin merupakan mahasiswa semester tujuh, jurusan Teknik Mesin. Dirinya masuk tim Apatte Elang Perkasa sejak tahun 2019, dan menjadi penerus driver atau pengemudi perempuan di tim-nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya