Lagi Bawa Pasien Kritis, Sopir Ambulans Mampir Beli Pisang Goreng

Ambulans. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jalopnik

Bangkok, 22 Oktober 2023 - Seorang sopir ambulans di Thailand sedang diselidiki, karena diduga berhenti sejenak untuk membeli pisang goreng saat dalam perjalanan ke rumah sakit untuk mengantar pasien yang kondisinya kritis.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Insiden itu terjadi pada 18 Oktober 2023 di Provinsi Lopburi, Thailand. Saat itu, ambulans sedang dalam perjalanan untuk mengantar pasien yang menderita serangan jantung.

Menurut laporan, ambulans berhenti di sebuah toko camilan di pinggir jalan selama sekitar beberapa menit. Sopir ambulans mengatakan, bahwa dia berhenti untuk membeli camilan untuk dirinya sendiri dan pasien.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Pisang goreng

Photo :
  • Pixabay

Namun, tindakan sopir ambulans itu menuai kritik dari masyarakat. Banyak orang yang menilai bahwa sopir ambulans tidak profesional dan tidak bertanggung jawab.

Klinik Blastula IVF Siloam Hospitals Lahirkan Program Bayi Tabung ke 300

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Thaibpsworld, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lopburi mengatakan bahwa pihaknya telah membuka penyelidikan atas insiden tersebut. Jika terbukti bersalah, sopir ambulans akan menghadapi sanksi disiplin, termasuk pemecatan.

Tindakan sopir ambulans itu melanggar aturan yang berlaku di Thailand. Menurut peraturan, ambulans tidak boleh berhenti untuk alasan pribadi saat dalam perjalanan ke rumah sakit untuk mengantar pasien darurat.

Meski sang sopir mengaku bahwa ia sebelumnya sudah melakukan pemesanan via aplikasi dan hanya berhenti selama beberapa detik saja, akan tetapi tindakan itu tidak bisa dibenarkan.

Alasannya adalah karena kondisi pasien bisa saja berubah drastis dalam hitungan detik, sehingg setiap waktu sangat berharga.

Beruntung, pasien yang dibawa ambulans itu segera mendapatkan perawatan yang dibutuhkan dan kondisinya berangsur membaik.

Ilustrasi pasien di rumah sakit.

Photo :
  • Istimewa.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya