Toyota Indonesia Sukses Terapkan Beragam Teknologi Digital

Presiden Jokowi berkunjung ke pabrik TMMIN.
Sumber :
  • Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

Jakarta, 21 Februari 2024 – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia hari ini menerima penghargaan National Lighthouse Industry 4.0 dari Kementerian Perindustrian, atas kontribusinya dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing industri otomotif di Indonesia.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Kartasasmita kepada Wakil Direktur Utama TMMIN, Bob Azam di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Penghargaan National Lighthouse Industry 4.0 diberikan kepada perusahaan yang telah menunjukkan komitmen dan prestasi yang signifikan dalam mengimplementasikan Industri 4.0.

Mau Beli Toyota Rush GR Sport, Segini Cicilannya per Bulan

TMMIN dinilai telah berhasil menerapkan berbagai teknologi digital di berbagai aspek operasinya, seperti manufaktur, logistik, dan pemeliharaan.

“Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk memperkuat peranan sebagai role model dan kolaborasi sebagai mitra dialog pemerintah dalam transformasi dan teknologi industri 4.0 di Indonesia,” ujar Bob, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T

TMMIN telah lama berkomitmen untuk menerapkan Industri 4.0. Pada tahun 2018, perusahaan ini meluncurkan roadmap Industri 4.0 yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing.

Menperin Serahkan National Lighthouse Industry ke TMMIN

Photo :
  • Dok: TMMIN

Saat ini, TMMIN telah memasuki tahap kedua roadmap tersebut, yang berfokus pada pengembangan teknologi digital yang lebih canggih seperti Artificial Intelligence (AI) dan Big Data.

Upaya TMMIN dalam menerapkan Industri 4.0 telah menghasilkan berbagai manfaat, seperti peningkatan produktivitas sebesar 20 persen, penurunan biaya produksi sebesar 10 persen, peningkatan kualitas produk, hingga peningkatan kepuasan pelanggan

TMMIN berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan penerapan Industri 4.0. Perusahaan ini berharap dapat menjadi contoh bagi industri lain di Indonesia dalam mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan daya saing di era globalisasi.

“Industri otomotif harus bisa membangun daya saing yang lebih tinggi, agar bisa memenangkan persaingan. Ini hanya bisa dicapai dengan meningkatkan efisiensi produktivitas melalui penerapan setiap aspek Industry 4.0, bersama seluruh rantai pasok untuk memenuhi pasar domestik dan ekspor,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya