Lima Mobil yang Paling Mudah Dicuri

Mobil curian yang disita polisi
Sumber :
  • VIVAnews/Nicolaus Tomy Kurniawan

VIVAnews - Bagi Anda para pemilik kendaraan bermotor nampaknya harus kian berhati-hati dalam menjaga keamanan kendaraan Anda dari ancaman para pencuri.

Tidak ada salahnya Anda juga mulai menambah perangkat keamanan tambahan untuk mencegah pencurian yang makin marak terjadi belakangan ini.

Seperti dilansir caradvice, Rabu 21 September 2011, mengacu kepada data klaim asuransi RACV (Royal Automobile Club of Victoria) pada akhir tahun lalu, Holden Commodore menjadi mobil yang paling sering dicuri di negara bagian Australia, Victoria.

Data itu menunjukan, ada sekitar 198 klaim yang diajukan oleh pemilik mobil Holden Commodore kepada RACV. Mereka juga melansir data yang menunjukkan Ford Falcon menjadi kendaraan paling diminati pencuri setelah Holden Commodore, di mana data 12 bulan terakhir, menunjukkan sekitar 107 klaim diajukan pemilik Ford Falcon.

Sedangkan Toyota Camry, Toyota Corolla dan Ford Laser menjadi deretan mobil berikutnya yang paling diminati oleh para pencuri di Australia.

"Mobil lansiran tahun lama adalah mobil yang paling diminati oleh para pencuri, karena minimnya perangkat keamanan tambahan," ujar Bob McGuinness selaku General Manager perusahaan asuransi RACV.

Padahal, kata dia, mobil lansiran tahun lama sudah bisa dipasang sebuah Engine immobiliser, suatu perangkat keamanan tambahan yang dibandrol sekitar US$ 200 atau Rp1,8 juta.

Data yang dilansir RACV juga menunjukan bahwa daerah Utara Melbourne seperti Essendon, Footscray, dan St Albans menjadi daerah rawan pencurian kendaraan bermotor.

Daerah lain sekitar Melbourne yang juga memiliki tingkat pencurian yang cukup tinggi adalah CBD, Richmond dan St kilda, sedangkan untuk daerah tenggara Melbourne mencakup Cranbourne, Narre Warren dan Packenham.

"Para pengendara mobil harus waspada pada saat memakirkan kendaraanya di tempat-tempat ramai seperti stasiun kereta api, pusat perbelanjaan ataupun di depan rumah mereka sendiri," pesannya.

Selain itu, pada saat meninggalkan mobil, ada baiknya memeriksa kembali pintu mobil dan kaca jendela mobil, untuk memastikan semua sudah tertutup rapat.

Dari data yang diberikan RACV, pencuriaan kendaraan bermotor paling sering dilakukan pada pukul 6 sore sampai menjelang tengah malam. Di mana 35% pencuriaan kendaraan bermotor terjadi pukul 6 sampai tengah malam. Dan 14% terjadi antara tengah malam sampai pukul 6 pagi.

"Data kami menunjukan bahwa para pencuri selalu bersiap untuk beraksi setiap waktu. Tidak hanya di malam hari, ketika Anda meninggalkan mobil dalam waktu lama tanpa pengawasan," ujar McGuinnes mengakhiri perbincangan.(np)

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial
Ranty Maria dan Rayn Wijaya

So Sweet! Ranty Maria Dilamar Rayn Wijaya Tepat di Momen Ulang Tahun

Melalui caption dalam unggahannya itu, Ryan mengungkap perasaan senang dan bersyukur lantaran lamarannya itu diterima oleh Ranty Maria.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024