Cara Hidupkan Mobil Tanpa Aki Ala MacGyver

Mobil mogok. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Fiqih Arfani | Surabaya Post

VIVAnews - Mobil mogok akibat aki lemah tentunya menjadi hal membuat Anda kesal, terlebih jika mogok di tempat yang tidak mungkin untuk mendorongnya.

Namun, bagi dua pria Russia ini, situasi itu dapat diatasi dengan sebuah trik jitu, layaknya sebuah aksi di film MacGyver.

Seperti dilansir autoevolution, Jumat 21 Oktober 2011, dalam video yang dipublish di Youtube, mereka menyiasatinya dengan cara mendongkrak salah satu roda depan mobil, dan memutar kunci kontak pada posisi on, lalu memasukkan perseneling ke gigi 2.

Setelah itu, keduanya melilitkan tali pada ban dan menariknya kuat-kuat seperti proses menghidupkan mesin generator. Alhasil, mereka sukses menghidupkan mesin mobil.

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika kendaraan roda empat bertransmisi manual, dan akan sulit dilakukan jika kendaraan memiliki mesin dengan jumlah silinder lebih dari empat.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah, pastikan posisi kendaraan cukup kukuh saat salah satu roda diangkat dengan dongkrak dan aktifkan rem parkir. (rem tangan) agar kendaraan tidak mudah bergeser.

Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev

Terakhir, sastikan juga bagian tali atau tambang yang digunakan untuk melilit ban tidak terlalu panjang. Tujuannya agar tambang mudah terlepas begitu mesin hidup dan melilit di ban.  (adi)

Ilustrasi emas batangan Antam.

Harga Emas Hari Ini 10 Mei 2024: Produk Global dan Antam Meroket

Harga emas internasional dan produk Antam mengalami kenaikan pada pembukaan perdagangan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024