Korupsi Dana Amal Demi Beli 105 Mobil Antik

Ilustrasi korupsi
Sumber :

VIVAnews - Mobil antik nampaknya benar-benar membuat seorang pria asal Inggris rela melakukan apa saja untuk bisa mendapatkannya. Bahkan sampai tega mengkorupsi dana amal rumah sakit.

Dilansir harian Daily Mail, Kamis 26 Juli 2012, Brendan Joyce terbukti mengkorupsi dana amal rumah sakit untuk membeli 105 unit mobil antik. Pria yang berprofesi sebagai akuntan ini banyak membeli mobil antik keinginannya melalui situs jual-beli eBay.

Dari uang itu, Joyce membeli mobil-mobil antik berbagai merek, seperti Vauxhall Carltons, Triumph Stag, Jaguar XJ dan Morris Minor. Semua koleksi tersebut sengaja tidak diboyong ke rumahnya. Dia lebih memilih menyimpan di 80 garasi yang disewa di kota kelahirannya di Bristol.

Untuk menyewa garasi khusus ini, Joyce harus merogeh kocek 4.200 pound sterling atau sekitar Rp62 juta per bulan. Diketahui, untuk membeli 105 mobil antik, ia mengambil 560.000 pound sterling (Rp8,2 miliar) dari dana amal dua perusahaan dan sebuah klub renang.

Anehnya, semua dana hasil korupsinya sama sekali tidak digunakan untuk barang-barang lainnya, seperti mobil mewah Ferrari ataupun Porsche. Bahkan, untuk AC pun tidak ada di rumahnya.

Joyce sebenarnya sudah ditangkap di rumahnya pada 21 Juli 2011, tapi hukumannya baru saja dituntut. Dia dikenai hukuman penjara tiga tahun.

"Joyce menggelapkan dana amal rumah sakit. Dia terbukti telah memalsukan tanda tangan dan faktur," kata Jaksa James Bennett di persidangan.

Infinix GT 20 Pro 5G, Huawei Watch Fit 3 dan iQOO Z9 Menyapa Indonesia
Penanaman Mangrove di Pulau Pramuka '1 tiket 1 pohon'

Cara Cathay Bantu Turunkan Emisi dan Atasi Perubahan Iklim

Maskapai penerbanngan, Cathay menggandeng Society of Renewable Energy (SRE) mendukung target penurunan emisi guna menjaga bumi dan lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024