PLN Kucurkan Rp1,6 M untuk Mobil Listrik

Mobil Listrik Depok Karya Dasep Ahmadi
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Perusahaan listrik pelat merah, PLN, melakukan kerjasama dengan PT Sarimas Ahmadi Pratama, perusahaan yang didirikan Dasep Ahmadi untuk mengembangkan mobil listrik nasional.

Ketua tim pengembangan Electric Vehicle PLN, Bagus Setiawan menjelaskan PLN bersedia mengeluarkan dana Rp1,62 miliar untuk penelitian dan pengembangan 3 mobil listrik jenis city car milik Dasep.

Bagus menjelaskan selain sebagai inisiator PLN juga akan bertindak sebagai katalisator pada riset prilaku pelanggan dan penyiapan stasiun pengisian listrik umum (SPLU). " PLN akan menjadi regulator untuk menentukan model bisnis yang tepat ke depannya, dan tentu kesiapan infrastruktur kelistrikan harus tetap diutamakan," kata Bagus dalam keterangan tertulis, Kamis 30 Agustus 2012.

Ia menjelaskan, penelitian dan pengembangan kendaraan listrik itu dimaksudkan agar tercipta ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM). Dengan mengurangi ketergantungan terhadap BBM bersubsidi maka diharapkan ada pengurangan beban subsidi energi secara nasional, dan yang terpenting adalah agar tercipta demand side management.

"Jika para pengguna kendaraan BBM beralih ke kendaraan listrik akan tercipta efesiensi yang cukup signifikan," katanya.

Seperti diketahui Dasep Ahmadi membuat tiga mobil listrik jenis city car yang salah satunya telah beroperasi yaitu mobil hijau "Let's Green & Go Electric" yang digunakan Menteri BUMN Dahlan Iskan, sementara kedua mobil lagi masih dalam tahap perakitan. (eh)

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih pada Oktober 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024