Skandal Airbag Picu Recall Terbesar dalam Sejarah Otomotif

Ilustrasi Airbag.
Sumber :
  • www.inautonews.com
VIVA.co.id
Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty
- Masalah airbag atau kantung udara buatan Takata sepertinya bakal diingat dalam sejarah otomotif. Bagaimana tidak, puluhan juta mobil terpaksa ditarik dari pasaran (recall). Pasalnya, fitur keamanan buatan Takata itu bermasalah.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Dilansir
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
FOX , Rabu 20 Mei 2015, saat ini sebanyak 18 juta mobil dari berbagai merek direcall. Masalahnya sama, airbag buatan Takata dianggap bermasalah. Menurut data terakhir, masalah airbag Takata ini telah memakan korban jiwa sebanyak lima orang.


Kematian itu disebabkan karena meledaknya airbag yang disertai dengan serpihan-serpihan benda tajam yang mengenai penumpang depan. Itu belum ditambah dengan cacat permanen yang dialami beberapa konsumen akibat ledakan airbag.


Diperkirakan jumlah kendaraan yang direcall bakal mencapai 36 juta unit di seluruh dunia. Recall massal ini akan tercatat sebagai recall terbesar yang pernah ada dalam sejarah dunia otomotif.


Beberapa negara termasuk Amerika Serikat memang langsung mendesak para produsen mobil untuk melakukan recall. Takata sebagai yang tertuduh juga harus membayar kompensasi dan denda akibat produknya tersebut.


Sebagai catatan, recall terbesar dalam sejarah otomotif terjadi pada 1980 silam. Saat itu sebanyak 21 juta kendaraan terpaksa di recall karena mengalami masalah pada transmisinya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya