12 Kota Teraman untuk Berkendara

petugas polisi wanita lakukan operasi simpatik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Untuk meningkatkan kesadaran pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya, Adira Insurance melalui kampanye I Wanna Get Home Safety (IWGHS) kembali menggelar Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015.

IRSA 2015 digelar untuk mewujudkan apresiasi terhadap kota dan kabupaten yang menerapkan tata kelola keselamatan di jalan terbaik, serta mendorong seluruh elemen masyarakat terutama pihak pemerintah dan kabupaten di Indonesia untuk menerapkan program keselamatan jalan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Chief Executiver Officer PT Asuransi Adira Dinamika Indra Baruna mengatakan, kegiatan IRSA tidak hanya sebuah penghargaan, namun hal ini merupakan evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi seluruh finalis IRSA.

"Hasil evaluasi tersebut meliputi program berjalan dari masing-masing kota atau kabupaten yang perlu terus ditingkatkan serta program prioritas ke depan yang diperoleh dari hasil survei, observasi, dan penjurian IRSA," kata Indra saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa 20 Oktober 2015.

Indra juga menyatakan, evaluasi ini tentu menjadi aset penting bagi masing-masing kota dan kabupaten untuk terus membenahi tata kelola keselamatan jalan raya. Tentu saja, kata Indra, ini diharapkan dapat berdampak pada penurunan angka kecelakaan di jalan.

IRSA 2015 kali ini diikuti 61 kota dan kabupaten yang terdaftar melalui mekanisme pendaftaran, serta 15 kota dan kabupaten yang direkomendasikan oleh pakar road safety. Alhasil, total peserta IRSA 2015 sebanyak 76 kota dan kabupaten. Jumlah ini meningkat 64 persen dari total peserta IRSA 2014.

Dari total tersebut, akhirnya terjaring melalui proses seleksi sehingga terpilih 16 kota dan kabupaten finalis IRSA 2015. Setelah dilakukan survei dan observasi lapangan, akhirnya terpilih 12 finalis kota dan kabupaten.

Para finalis juga telah melakukan penjurian di depan para dewan juri dan mempresentasikan berbagai permasalahan dan keberhasilan road safety di wilayahnya, program kerja, serta hasil evaluasi terhadap kebijakan terkait tata kelola keselamatan jalan.

Adapun berikut 12 finalis IRSA 2015 yang terbagi menjadi empat kategoris yaitu:

1. Kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa terdiri dari kota Surabaya, Tangerang, dan Tangerang Selatan.
2. Kota dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa terdiri dari Kota Balikpapan, Probolinggo, Tasikmalaya.
3. Kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa terdiri dari Kabupaten Jepara, Tangerang, dan Klaten.
4. Kabupaten dengan pendududk di bawah 1 juta jiwa terdiri dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kudus, dan Karanganyar.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016