Ribuan Kilometer Jalan Raya akan Dilapisi dengan Panel Surya

Pekerja memasang panel surya di atas permukaan aspal.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Fakta menunjukkan, jika semua jalan raya yang ada di dunia diganti dengan panel surya, maka masalah polusi dan listrik akan dapat teratasi.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Listrik yang dihasilkan bisa menggantikan fungsi pembangkit listrik tenaga solar atau batubara, sehingga udara bisa lebih bersih.

Namun, untuk melakukan itu tidaklah semudah membalik telapak tangan. Banyak proyek yang sudah dicanangkan, namun hanya sedikit yang benar-benar terealisasi.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir Autoevolution, Jumat, 5 Februari 2016, salah satu alasan susahnya memasang panel surya di jalan raya adalah butuh waktu dan biaya untuk membongkar aspal dan menggantinya dengan panel surya.

Namun, proyek yang dicanangkan pemerintah Prancis ini sedikit berbeda. Alih-alih membongkar aspal, mereka berencana memasang panel surya berukuran tipis di atasnya.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Panel ini memiliki ketebalan hanya tujuh milimeter dan dirancang agar mampu menahan beban yang cukup berat. Selain itu, permukaannya juga dibuat kasar, agar traksi ban tetap terjaga.

Menurut pengembangnya, jika teknik ini dipraktikkan pada jalan sepanjang satu kilometer, maka listrik yang dihasilkan dapat digunakan semua lampu jalan dan taman yang ada di kota berpenduduk lima ribu jiwa.

Nantinya, proyek ini akan diterapkan pada jalan sepanjang lebih dari 1.000 kilometer yang ada di Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya