Vietnam Sudah Punya Mobil Nasional, Wujudnya Keren

Desain SUV mobil nasional Vietnam.
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Langkah progresif ditunjukkan industri otomotif Vietnam. Negara yang selama ini jadi salah satu pasar mobil-mobil produksi Indonesia itu bakal memiliki mobil nasional.

Mobil Pedesaan Bakal Diproduksi Massal pada Awal 2019

Produsen mobil nasional Vietnam, Vinfast, bahkan sudah menunjuk satu perusahaan desain, Pininfarina, untuk mengembangkan sedan dan Sport Utility Vehicle pertamanya.

Pininfarina ditunjuk berdasarkan penilaian terbaik dari 20 desain yang dikirim oleh pelbagai rumah desain terkenal. Vinfast juga meminta masukan dari 62 ribu masyarakat untuk terlibat aktif dalam pemilihan desain, agar dapat disesuaikan dengan selera pasar Vietnam.

Terkuak, Gojek Akan Beroperasi di Negara Ini pada Juli 2018

"Keterlibatan langsung Pininfarina, salah satu merek desain terbaik di dunia, diharapkan membawa desain yang modern, namun dengan mempertahankan identitas Vietnam di dua mobil pertama ini," kata Quang Viet Nguyen, vice president of Vingroup seperti dilansir Paultan, Sabtu 17 Februari 2018.

Vinfast menargetkan bisa jadi produsen mobil terkenal di Asia Tenggara, dengan produksi 500 ribu unit mobil per tahun pada 2025. Untuk tahap pertama, perusahaan tersebut memperkirakan bisa memproduksi 100 ribu hingga 200 ribu unit kendaraan per tahun.

China Pasang Rudal di Wilayah Sengketa, Vietnam Marah

Model-model yang dipasarkan di antaranya adalah sedan, SUV tujuh penumpang serta motor listrik. Mobil pertama mereka direncanakan masuk ke pasar tahun depan, tepatnya September 2019.

Belakangan Vietnam memang getol membangun industri otomotif menyelaraskan skema arah ekonomi mereka. Tak cuma menggenjot investasi, namun juga produksi mobil di negaranya. Apalagi otomotif merupakan salah satu penyumbang besar pendapatan negara. (art)

Kim Jong-un, saat mengawasi uji coba misil Korea Utara.

Vietnam Bakal Tutup Sebagian Jalan yang Akan Dilalui Kim Jong-un

Kim Jong-un akan tiba di Vietnam pada 25 Februari 2019. 

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2019