Ignis Semakin Tinggalkan Brio

Ignis Vs Brio.
Sumber :
  • Otojourney

VIVA – Tak cuma segmen mobil keluarga saja yang 'panas'. Persaingan segmen city car di Tanah Air juga menarik untuk dicermati. Sebab ada dua jenama yang tampak berusaha jadi nomor satu alias menjadi raja city car di Indonesia.

Terpopuler: Harga Plus Pajak Tahunan Mobil Bekas Honda Brio dan Daihatsu Xenia

Kedua jenama itu adalah Honda Brio dan Suzuki Ignis. Di atas kertas, Brio lebih tua karirnya di Tanah Air. Namun fakta di lapangan Ignis lebih moncer dan beruntung.

Tengok saja data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per April 2018. Ignis tercatat sebagai 'raja' city car di Nusantara. Penjualan bulanan keduanya memang cukup ketat. Namun jika ditotal dari Januari hingga April 2018, Ignis nampak mencolok, jauh meninggalkan beberapa kompetitor.

Cari Honda Brio Bekas? Ini Daftar Harga dan Pajak Tahunannya

Data penjualan secara wholesales (pabrik ke diler) Januari-April 2018, penjualan mobil asal negeri Bollywood ini unggul dengan torehan 4.795 unit. Sedangkan Brio hanya mencatatkan angka 4.563 unit.

Di bawah Ignis dan Brio, ada Datsun Cross dengan catatan penjualan 2.236 unit, diikuti Nissan March 914 unit, serta Daihatsu Sirion 440 unit.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Ignis juga terlihat mencolok sepanjang 2017 lalu. Penjualan wholesales-nya mencapai 14.157 unit, sedang Brio hanya 10.580 unit.

Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra mengatakan, bukan hanya di wholesales saja Ignis lebih unggul. Dari data penjualan diler ke konsumen atau retail sales juga demikian.

“Salah satu faktornya, Januari lalu kita introduce yang Sport Edition, karena ada rangsangan produk,” ujarnya saat dihubungi VIVA, Kamis, 17 Mei 2018.

Selain itu, lanjut dia, Ignis dianggap lebih mumpuni karena wujudnya yang tak seperti city car biasa, tapi lebih ke urban SUV (sport utility vehicle).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya