VIDEO: Canggihnya Bus Otonom Baidu, Tanpa Rem dan Sopir

Bus tanpa sopir Baidu
Sumber :
  • www.ubergizmo.com

VIVA – Raksasa teknologi Cina, Baidu, telah menciptakan mobil otonom tanpa sopir. Baidu mengumumkan siap mengirimkan bus tanpa sopir tersebut ke Jepang pada tahun depan.

Aplikasi China Kembali Bikin Ulah

Dalam mengembangkan bus otonom yang bernama Apolong tersebut, Baidu bekerja sama denganpabrik Cina King Long. Peluncuran awal akan jatuh di beberapa kota China sebelum mendarat di Jepang. Bus-bus pada awalnya akan memulai debut mereka di kota-kota besar Cina, termasuk Beijing, Shenzhen, dan Wuhan. Bus Apolong ini akan menjemput penumpang di daerah wisata, taman, bandara, dan area lainnya yang sudah dibatasi. 

Dikutip dari laman Ubergizmo, Jumat 6 Juli 2018, Baidu telah meningkatkan produksi bus Apolong. Bus tersebut merupakan produk pertama mereka yang menggunakan platform self-driving Apollo. 

Cuma Modal Komputer, 8 Orang Ini Bisa Tajir Melintir

Baidu akan mengirimkan gelombang pertama bus otonom itu ke Jepang pada awal tahun depan. Untuk pengiriman bus tanpa sopir ke Negeri Matahari Terbit itu, Baidu bekerja sama dengan anak perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat SoftBank Jepang. Lebih dari 100 bus telah diproduksi di pabrik Cina selatan.

CEO Google-nya China Disiram Air, Malah Dicibir dan Dibuat Kaus

Bus dapat membawa 14 penumpang dan terlihat seperti kendaraan otonom sejati. Mereka tidak memiliki kemudi atau kursi pengemudi, bahkan tak punya rem. Apolong akan memiliki kemampuan otonom level 4 yang tidak memerlukan sopir di belakang kemudi ketika beroperasi di area geografis tertentu. Bus Apolong punya sistem mengemudi otonom yang canggih. Sistem bisa melihat jalanan sekitar dan mengidentifikasi jalur navigasi dengan tepat.

Baidu pertama-tama akan membawa 10 bus ini ke Tokyo dan kota-kota Jepang lainnya pada awal tahun depan. Kemungkinan mereka akan meningkatkan jumlah dan kota-kota yang mereka layani di jalan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya