Punya Dua Mobil Listrik, Ketua DPR Senang Jika Dapat Insentif

Tesla Model X milik Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Mobil listrik Tesla ternyata menjadi pilihan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Bambang Soesatyo dalam berbagai aktivitas. Beberapa waktu lalu, pria yang akrab disapa Bamsoet itu terlihat mengemudikan sedan Tesla Model S ke Gedung Parlemen di Senayan, Jakarta.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Kemudian, pada sebuah acara komunitas pengguna motor gede, Bamsoet terlihat mengendarai Model X, yakni kendaraan listrik jenis sport utility vehicle dari Tesla. Dipakainya mobil listrik tersebut, kata Bamsoet, karena dirinya ingin memotivasi masyarakat untuk beralih ke mobil listrik.

"Saya memberikan motivasi untuk mulai membeli, dan jangan ragu menggunakan mobil listrik," ujar dia kepada wartawan di Jakarta.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Menurut Bamsoet, keraguan masyarakat untuk beralih ke era mobil listrik dipengaruhi dua hal, yakni harga yang masih mahal dan perawatan yang cukup sulit. Padahal, kata dia, memakai mobil listrik hampir tidak diperlukan perawatan seperti mobil dengan mesin konvensional.

Mobil Listrik Tesla milik Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Teknisi juga sudah banyak dan bisa diperbaiki di sini. Tidak masalah pakai mobil listrik," tuturnya.

Saat ditanyakan mengenai regulasi Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) yang dicanangkan Pemerintah, dia enggan berkomentar banyak. Bamsoet mengatakan, sebagai pemilik dan pengguna mobil listrik, dirinya senang jika ada insentif untuk kendaraan bebas emisi tersebut.

"Saya mendukung apabila pemerintah memberikan insentif bagi industri mobil listrik, karena ini penting. Kendaraan berbahan bakar minyak itu membebani keuangan negara. Kalau pemilik kendaraan sudah bermigrasi ke kendaraan listrik, diharapkan bisa mengurangi beban keuangan negara, dan yang kedua membantu mengurangi polusi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya