Mobil Lawas Ternyata Bisa Dilapisi Antikarat, Ada Tapinya

Karat pada bodi mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Setiap mobil yang dibuat oleh pabrik sudah dilapisi dengan antikarat. Lapisan ini digunakan untuk mencegah korosi pada logam, yang menjadi material pembuatan kendaraan.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Meski sudah ada, namun tidak sedikit pemilik yang melapisi mobilnya dengan antikarat tambahan. Tujuannya, memastikan mobil tetap aman digunakan hingga lebih dari lima tahun.

“Pasang antikarat dulu, jangan kemudian (setelah mobil dipakai bertahun-tahun). Kalau karat sudah muncul, perbaikannya susah,” ujar Marketing Manager Protera Paint Protection, Hendrik Susilo di acara GIIAS 2018, Minggu 5 Agustus 2018.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Lantas, bagaimana dengan mobil lawas? Mengingat, kendaraan sudah dipergunakan selama bertahun-tahun

“Mobil lawas bisa, tapi kami hanya berikan garansi tiga tahun. Kami tidak tahu pemakaiannya seperti apa. Memang akan kami periksa, tapi kami tidak bisa memastikan 100 persen ada bibit karat atau tidak,” tuturnya.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Jika ternyata ditemukan karat, mobil tetap bisa diberi pelindung. Tapi, garansi tidak akan diberikan. Alasannya sederhana, bisa saja karat akan muncul akibat bibit yang sudah ada di logam sebelum aplikasi antikarat.

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar kendaraan segera dilapisi pelindung. Jika bisa, proses dilakukan sebelum mobil dikirim ke garasi rumah.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022