Xpander Kuasai Pasar MPV, Honda: Nanti Ada Saatnya

Honda Mobilio
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Persaingan mobil keluarga kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV) semakin ketat sejak hadirnya Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander. Bahkan Toyota Avanza yang bertahun-tahun memegang tahta sebagai mobil terlaris harus tumbang dibuatnya.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Begitu juga dengan Honda Mobilio. Sempat menempel penjualan Avanza, kini mulai tersingkir dari ingar bingar. Fakta itu setidaknya terlihat dari data penjualan wholesales (pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Juli 2018.

Data menyebut, peringkat pertama ditempati Xpander dengan raihan 7.570 unit, posisi kedua Avanza 6.766 unit dan Mobilio hanya terjual 3.388 unit di bulan ketujuh itu.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Penurunan penjualan Mobilio tak ditampik Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy. Kata dia, wajar hal itu terjadi, karena adanya produk baru yang masuk ke pasaran.

Saat ditanya akankah Honda tengah menyiapkan MPV baru, Jonfis langsung menjawabnya. "Rahasia."

Pengemudi Xpander Buat Ringsek Porsche Punya Masalah dengan Pemilik Showroom? Ini Kata Polisi

Tapi Jonfis berjanji jika Honda sudah mengeluarkan produk baru lagi, kue yang sempat terbagi itu akan kembali direbut. Sebab trennya memang seperti itu, di mana masyarakat suka dengan produk yang lebih segar.

Walau begitu bukan berarti semua produk baru bisa menuai kesuksesan. Karena ada juga beberapa model yang tetap tak laris di pasaran.

“Diubah total setiap tahun enggak mungkin, enggak bisa dilakukan oleh siapa pun, mungkin sebagian orang enjoy dengan model baru, tapi yang sukses beberapa. Nanti saatnya kalau ada model baru kita akan enjoy, yang lain tertekan,” tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya