Mitsubishi Xpander Bertenaga Buas Ini Siap Reli di Selandia Baru

Xpander Rally AP4 di GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, bekerja sama dengan pembalap reli Rifat Sungkar  menyulap mobil keluarga, Xpander dengan tenaga buas untuk ikut kompetisi balap reli dunia di kelas AP4.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

Founder Xpander Rally Team, Rifat Sungkar mengatakan, Xpander AP4 dikerjakan bersama tim balapnya dengan Rally Art yang bermarkas di Selandia Baru, dan spesifikasinya disesuaikan untuk balap.

“Semua pengerjaan di sana. Kontruksi AP4 di kaki-kaki, jadi cross member depan dan belakang menggunakan satu barang yang sama sesuai aturan FIA,” ujarnya di Tangerang, Minggu 21 Juli 2019.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Rifat mengatakan, meski tampilan bodi depan dipenuhi aero kit, namun strukturnya masih sama dengan standarnya. Mulai dari pilar A, B dan C tidak ada perubahan, hanya dibuat lebih ringan.

“Komponen bodi bagusnya sudah cukup ringan dari bawaan pabrik. Titik kontruksi range force-nya pun sudah tepat, jadi enggak perlu tambah besi lagi,’ tuturnya.

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan, Pekerjaan Pengemudi Xpander yang Tabrak Porsche

Dia mengatakan, jantung pacunya berubah menggunakan mesin berkode 4B11 milik Outlander atau Lancer Evo. Karena blok mesin tersebut sangat mumpuni untuk kompetisi, dan tentunya ada perubahan.   

“Jadi mesin 2.000cc 4B11 diturunkan volumenya atau destroke (1.600 cc), dan itu sudah ada kit-nya dan FIA sudah tahu. Gear boks sama kaki-kaki satu set, pakai Xtrac,” katanya.

Mesin tersebut dapat memuntahkan tenaga hingga 350 daya kuda dan torsinya mencapai 555 Newton meter. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual sequential keempat rodanya.

Suami Sissy Priscillia itu menyebutkan, desain bodi kit aero yang disematkan bukan sekadar pajangan. Tapi semua titik ada fungsinya, seperti diffuser, spoiler dan wing di bagian belakang.

Xpander AP4 akan mengikuti balap reli NZRC Goldrush Rally of Coromandel di Selandia Baru pada 16-17 Agustus 2019. Selain itu, turun di berbagai ajang kejurnas reli di dalam negeri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya