Daihatsu Xenia Bakal Dipasangi Fitur Canggih, Bisa Apa Saja?

Daihatsu Grand New Xenia 2019
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Purna Karyanto

VIVA – Saat berkunjung ke Sirkuit Fuji Speedway di Jepang, dalam rangka Daihatsu Media Tour Tokyo Motor Show 2019, VIVA.co.id diperkenalkan dengan teknologi Smart Assist. Fitur canggih ini sudah masuk dalam generasi ketiga.

Penjualan Mobil Ini Naik 300 Persen di Indonesia

Meski sudah ada sejak 2016 dan pernah diperkenalkan juga oleh PT Astra Daihatsu Motor di Indonesia, namun baru kali ini VIVA.co.id mencobanya langsung di arena sirkuit.

Sesuai namanya, Smart Assist berfungsi untuk membantu pengemudi saat mengoperasikan kendaraan. Fitur ini fungsi utamanya adalah sebagai pencegah terjadinya kecelakaan, terutama yang disebabkan oleh kelalaian pengemudi.

Harga Daihatsu Xenia Baru per Januari 2022, Termurah Rp212,2 Juta

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, nantinya Smart Assist juga akan dipasang di beberapa model Daihatsu yang diproduksi ADM di Indonesia. Seperti low cost green car Daihatsu Sigra dan multi purpose vehicle Daihatsu Xenia.

“Mobilnya akan kami pilih, enggak semua varian. Misalnya Sigra, yang paling atas karena kan ada ABS (anti-lock braking system). Enggak semuanya ada. Kalau misalnya Xenia, juga enggak semua kami kasih fitur itu,” tutur wanita yang akrab disapa Amel itu di Kawaguchi, Jepang Sabtu 26 Oktober 2019.

Penjualan Daihatsu Xenia Naik 2 Kali Lipat di November 2021

Lantas, apa saja kecanggihan dari Smart Assist? Berikut penjelasannya:

Pre-collision

Sensor kamera ganda ditempatkan pada kaca depan bagian atas, tepat di balik kaca spion tengah. Fungsinya adalah untuk memantau jarak dengan obyek yang ada di depan, baik kendaraan lain maupun penyeberang jalan.

Apabila jarak terlalu dekat, sistem akan otomatis mengaktifkan rem, mencegah terjadinya tabrakan. Apabila pengemudi menginjak pedal rem namun tidak cukup dalam, maka sistem akan membantu menambah tekanannya.

Lane departure

Fitur ini berguna untuk mencegah kendaraan berpindah lajur saat pengemudi mengantuk. Sistem akan membaca garis marka, dan menahan roda agar tidak berubah arahnya. Peringatan juga akan diberikan pada pengemudi.

Sistem juga akan aktif, saat pengemudi hendak berpindah lajur namun ada kendaraan lain melaju kencang di jalur yang akan dimasuki.

Auto high beam

Lampu depan akan otomatis berpindah dari sorotan jauh ke standar, saat sensor mendeteksi adanya kendaraan dari arah berlawanan. Apabila sudah kosong, maka sistem akan mengaktifkan kembali lampu jauh.

Corner sensor

Sistem akan mendeteksi dan memberi peringatan, apabila ada obyek yang jaraknya terlalu dekat dengan sudut kendaraan.

Parking assist

Fitur ini sangat berguna, bagi mereka yang selalu mengalami kesulitan saat hendak parkir. Sistem akan membantu memarkirkan kendaraan secara otomatis.

Adaptive cruise control

Saat melaju di jalan bebas hambatan, pengemudi bisa mengatur kecepatan mobil agar konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Ketika kendaraan di depan melambat, sistem otomatis mengurangi kecepatan.

Front departure alert

Saat terjebak di lampu lalu lintas, sistem akan memberi peringatan apabila mobil di depan sudah melaju, namun pengemudi belum juga menginjak pedal gas.

Pedal misoperation control

Fitur ini sangat penting untuk mereka yang belum terbiasa dengan mobil bertransmisi otomatis. Sistem akan mencegah kendaraan bergerak maju menabrak tembok parkiran, saat pengemudi salah menginjak pedal atau memasukkan tuas transmisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya