Menengok Kecanggihan Mobil Daihatsu di Negara Asalnya

Daihatsu Tanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Banyak pengalaman seru, saat VIVA.co.id mengikuti rangkaian acara Daihatsu di Tokyo Motor Show 2019. Sama seperti produk yang mereka tawarkan, kegiatan yang disuguhkan juga menyenangkan dan tidak terlupakan.

Para Pemilik Daihatsu Rocky, Gran Max dan Luxio Perlu Baca Ini

Perjalanan dimulai dari mengunjungi booth Daihatsu Motor Company, di pameran yang menjadi acuan industri otomotif Asia tersebut. Lalu, rombongan diajak untuk melihat bagaimana diler sangat peduli dengan kaum lanjut usia yang masih mengemudikan sendiri mobil mereka.

PT Astra Daihatsu Motor sebagai pengundang, juga memberi kesempatan untuk mengunjungi banyak tempat menarik. Mulai dari melihat keindahan kaku Gunung Fuji di Kawaguchi, hingga berbelanja di Gotemba, pusat wisata yang menawarkan banyak barang branded dengan diskon hingga 70 persen.

Mobil yang Diproduksi di Indonesia Ternyata Laku di 75 Negara

Gotemba menjadi sasaran para turis yang datang ke Prefektur Shizouka. Lebih dari 200 outlet memajang produk unggulan masing-masing, mulai dari pakaian, sepatu, gawai, hingga aksesori.

Gotemba, Jepang

49 Persen Mobil yang Diekspor RI Berasal dari Pabrik Ini

Tak hanya memanjakan mata, ADM juga mengajak rombongan untuk melihat langsung Sirkuit Fuji Speedway yang legendaris. Dibangun pada awal 1960, lintasan balap ini pernah dipakai untuk menggelar balap jet darat Formula 1 pada 2007 dan 2008.

Dalam kesempatan itu, DMC juga mengenalkan Tanto, kendaraan yang saat ini jadi favorit masyarakat Jepang. Mobil yang masuk dalam segmen Kei Car ini pertama kali diperkenalkan pada TMS 2003.

Saat ini, Tanto sudah masuk ke generasi empat. Daihatsu melengkapinya dengan banyak fitur canggih, sehingga membuat banyak konsumen tertarik. Bahkan, satu bulan setelah dijual secara umum pada pertengahan tahun ini, peminatnya naik tiga kali lipat dari target.

ADM pernah memajang Tanto di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, Tanto dipamerkan untuk memperlihatkan, bahwa merek otomotif Jepang itu memiliki teknologi canggih pada jajaran produknya.

Daihatsu Tanto

"Kami mau saja jual. Tetapi, tahu sendiri, orang Indonesia enggak suka mobil bentuknya begini. Kami pajang, karena Tanto punya teknologi Smart Assist. Di luar negeri sudah banyak, nah kami coba kenalkan teknologinya di sini," ujarnya beberapa waktu lalu.

Pada Tanto yang dibekali dengan Smart Assist generasi tiga, sistem keamanan dan keselamatan yang disematkan lebih lengkap. Fitur baru ini mampu membantu mencegah benturan, dengan mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis.

Tanto juga dipasangi teknologi lane keeping control system, yang akan memberi peringatan kepada pengemudi saat mobil berpindah jalur mendadak dan tidak disengaja, serta mengembalikan posisi lingkar ke posisi semula secara otomatis.

Lampu utama sudah mengadopsi adaptive high-beam, yang mampu menyesuaikan arah sinar lampu dengan kondisi jalan, serta tidak membuat silau pengendara dari arah berlawanan.

Empat kamera dipasang di mobil, untuk membantu visual pengemudi di sisi depan, kiri, kanan, serta belakang kendaraan. Parkir yang kerap menjadi kendala pun, bisa diatasi dengan parking assist yang menjadi perangkat standar mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya