Penjualan Mobil Keluarga Maret 2020, Kijang Innova Belum Ada Lawan

Modifikasi Toyota Innova
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mobil keluarga mendominasi penjualan kendaraan bermotor di Tanah Air. Segmen mobil ini pun beragam, mulai dari kelas bawah, lalu produk untuk konsumen menengah, hingga yang mewah pun ditawarkan oleh agen pemegang merek.

Ukur Diri Dulu, Gak Semua Orang Bisa Punya Mobil Listrik

Berbeda dengan multi purpose vehicle (MPV) kelas bawah, jajaran produk kelas menengah biasanya memiliki dimensi yang sedikit lebih bongsor. Sehingga, terasa lebih nyaman saat mengangkut penumpang, dan bisa membuat lebih banyak barang ketika bepergian.

Meski demikian, untuk menebus mobil keluarga kelas menengah dana yang harus dikeluarkan harus lebih besar, yakni mulai dari Rp300 jutaan. Di kelas tersebut, konsumen juga memiliki pilihan kendaraan yang mengusung mesin diesel.

Mengetahui Perbedaan Mode Berkendara Eco dan Eco+ di Wuling Cloud EV

Jika menelisik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, di segmen ini produknya tidak sebanyak kelas bawah. Produk MPV medium antara lain, Toyota Kijang Innova, Isuzu Panther, Nissan Serena, Toyota Voxy, dan Wuling Cortez.

Baca juga: Relaksasi Kredit Kendaraan Bermotor, Ternyata Begini Realisasinya

Mobil Listrik Wuling Laku Keras di PEVS 2024

Produk Toyota Kijang Innova, memang belum memiliki lawan yang sepadan untuk bersaing di segmen MPV medium. Jika menilisik data Gaikindo, wholesales Innova di kuartal I-2020 mencapai 12.703 unit. Sementara untuk penjualan di Maret tahun ini, 4.100 unit.

Nasib kurang beruntung ada di produk Isuzu Panther. Meski terhitung produk legendari seperti Toyota Kijang, mobil keluarga yang hanya menggunakan mesin diesel ini hanya laku 183 unit di kuartal pertama tahun ini. Sementara penjualan Panther di bulan ketiga 2020, hanya 50 unit.

Produk terlaris berikutnya di segmen ini, adalah Toyota Voxy. Desainnya yang mewah, nampak berhasil menggoda konsumen di Tanah Air. Penjuaan Voxy di Maret 2020 mencapai 438 unit, sedangkan total di kuartal pertama tercatat 1.052 unit.

Bagi penggemr merek Nissan, pilihan produk di segmen ini adalah Serena. Desain 'kotak' dan penggunaan pintu geser memang membuatnya tampil mewah. Penjualan Serena pada Maret 2020 diketahui 50 unit, dan total tiga bulan pertama tahun ini 153 unit.

Jika biasanya di posisi dua ada produk  pendatang baru asal Tiongkok Wuling Cortez. Pada bulan ketiga tahun ini, mobil berperawakan bongsor itu hanya mencatat penjualan wholesales 21 unit, dan total penjualan pada kuartal pertama 2020, tercatat hanya 315 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya