Penjualan LCGC Selama Pandemi COVID-19, Model Ini yang Paling Laku

All New Honda Brio
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Sekitar tahun 2013 lalu, agen pemegang merek otomotif yang ada di Tanah Air mulai menawarkan produk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2). Bagi masyarakat awam, mobil-mobil di segmen itu dikenal sebagai low cost green car.

Kaget Lihat Penjualan Mobil Honda

Produk LCGC yang ditawarkan oleh pabrikan mobil, harus mengikuti regulasi yang berlaku, mulai dari kapasitas mesin yang tak melebihi 1.200cc untuk yang berbahan bakar bensin, serta konsumsi bahan bakar harus mencapai 1:20. Selain itu, kendaraan roda empat ini harus diproduksi serta menggunakan komponen lokal.

Saat pertama diluncurkan, banderol mobil LCGC pun dibatasi, tak bisa lebih dari Rp150 juta. Tak heran jika jajaran produk di segmen ini kerap dijuluki sebagai ‘mobil murah’. Dengan label harga tersebut, APM berhasil menjaring pembeli pertama serta menggoda masyarakat yang ingin punya mobil hingga saat ini.

Buka Tahun 2021, Mitsubishi Jual Lebih dari 6 Ribu Mobil di RI

Ya, mobil LCGC hingga kini masih bertahan di pasar otomotif nasional. Ada beberapa merek Jepang yang ikut menawarkan produk di segmen ini, yakni Suzuki, Honda, Toyota, dan Daihatsu. Sebelumnya ada pula Datsun, namun di awal tahun ini merek di bawah naungan Nissan Motor itu menghentikan produksinya di Indonesia.

Baca juga: Resmi, Gaikindo Tiadakan Pameran Otomotif GIIAS 2020

Mobil Ini yang Jadi Penopang Jualan Honda di Indonesia

Jika menilisik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di segmen LCGC berada di kisaran 18 sampai 19 ribu unit setiap bulannya. Meski demikian, pandemi COVID-19 yang terjadi membuat pemasarannya menjadi terseok-seok.

Data memperlihatkan, trimester pertama 2020 penngiriman unit baru dari pabrik ke diler-diler resmi (wholesales) mencapai mencapai 51.685 unit. Jika dirata-rata per bulan, penjualannya bisa mencapai angka 17 ribuan unit.
New Daihatsu Sigra diuji jalan di Bandung, Jawa Barat.

Namun, angkanya merosot tajam di April 2020, yakni hanya 1.432 unit, serta di bulan ke-5 tahun ini hanya laku 154 unit. Di Juni 2020, penjualannya berangsur naik dengan pencapaian 1.455 unit, dan di Juli 2020 mencapai 2.745 unit.

Selama tujuh bulan di tahun ini, produk LCGC lansiran merek Honda diketahui menempati posisi puncak penjualan. Data yang sama memperlihatkan Brio Satya mencatat penjualan sebanyak 14.930 unit. Di bawahnya, Daihatsu Sigra dengan penjualan sebanyak 1.486 unit.

Posisi tiga penjualan LCGC nasional selama Januari sampai Juli 2020, ditempati Toyota Calya dengan capaian sebanyak 13.101 unit. Daihatsu Ayla selama tujuh bulan diketahui laku 7.561 unit, lalu Toyota Agya 6.333 unit, serta di posisi bawah ada Suzuki Karimun Wagon R yang laku 796 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya