Toyota Bakal Datangkan Yaris Versi Ngebut ke Indonesia?

Tampilan sporty mobil Toyota Gazoo Racing Yaris
Sumber :
  • dok. Toyota

VIVA – Yaris menjadi salah satu produk yang ditawarkan oleh merek Toyota ke berbagai negara di dunia. Meski demikian, model dan spesifikasi kendaran antar lokasi pemasarannya bisa saja berbeda.

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Di Jepang misalnya, masyarakat bisa membeli mobil hatchback bernama sama tetapi wujud dan spesifikasinya berbeda. Tak hanya itu, disiapkan pula versi kencang yang dibangun dengan kolaborasi bersama Gazoo Racing team.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Yaris yang dipasarkan di Indonesia merupakan produk serupa dengan di Thailand dan Malaysia. Model ini memang berbeda dari yang dipasarkan di Jepang.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

"Bukan berarti mana yang lebih bagus atau jelek. Tapi disesuaikan dengan kebutuhan negara masing-masing, pembelinya di Jepang dan di Indonesia juga berbeda," ujarnya saat konfrensi pers virtual, Selasa 8 September 2020.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Harga Toyota Yaris Baru Tembus Rp301 Juta

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Terkait Yaris racikan tim balap Toyota yang dipasarkan di Negeri Sakura, Anton menyebut, mobil itu memang memiliki karakter konsumen, performa, serta banderol yang berbeda dengan versi standar di sana.

Dari laman resmi Toyota Global, diketahui GR Yaris memiliki tampilan eksterior, fitur, serta komponen-komponen khas mobil balap. Jantung penggeraknya pun mengandalkan mesin 1.600cc, yang dikombinasikan bersama sistem transmisi manual.

"Memang peruntukannya berbeda, dari semua sektor dan komponen banyak berbeda. Namanya Yaris juga, tetapi untuk kebutuhan yang berbeda," paparnya.
Toyota Yaris GR.

Lantas, adakah rencana Agen Pemegang Merek (APM) Toyota memboyong GR Yaris ke penggemar mobil kencang di Tanah Air? Anton mengatakan, pihaknya masih terus melakukan studi terkait permintaan tersebut.

"Memang ada masukan dari diler dan request dari konsumen untuk Toyota Yaris versi Gazoo Racing. Tetapi saya belum bisa komentar lebih jauh, pastinya gimana, kami masih pelajari," kata Anton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya