Cara Praktis Amankan Mobil dari Banjir

Solusi praktis amankan mobil dari banjir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Awal 2020 sebagian wilayah di Indonesia dilanda hujan dengan intensitas yang sangat lebat. Durasinya juga cukup lama, sehingga membuat banyak jalanan tertutup air.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Banjir juga menyerang beberapa rumah dan mengakibatkan banyak kendaraan rusak akibat terendam air kotor. Tak hanya rumah-rumah yang ada di perkampungan, hunian mewah yjuga menjadi korban.

Termasuk, rumah milik Ketua MPR, Bambang Soesatyo yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan. Sebuah mobil mewah jenis Jeep Rubicon, tampak terendam air hingga menutupi ban.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menaruh mobil di tempat yang aman, hingga menyediakan pelindung khusus.

Seperti yang tampak pada foto di bawah ini. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @newdramaojol.id, 2 November 2020, sebuah terpal disiapkan di lantai garasi mobil.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Saat mengetahui bahwa banjir akan menerjang, pemilik kendaraan membungkus mobil dengan terpal tersebut. Karena terbuat dari plastik tebal, maka air tidak bisa menembusnya.

“Siapa tau bisa jadi inspirasi di saat musim hujan,” tulis pemilik akun.

Banyak warganet yang memuji ide tersebut. Ada yang mengatakan, bahwa cara itu tidak pernah terpikir olehnya.

“Koq gw ga kepikiran ya?,” komentar warganet.

Sebagai informasi, cara ini hanya efektif apabila air hanya merendam kurang dari setengah bodi mobil. Jika lebih dari itu, maka terpal perlu dikaitkan ke tiang atau pagar, agar posisinya tidak bergerak saat mengambang.

Baca juga: Penjualan Motor Sport Makin Gawat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya