Kenapa Bumper Mobil Zaman Sekarang Mudah Rusak?

Ilustrasi kecelakaan mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ketika melihat kecelakaan, baik di foto maupun secara langsung, salah satu hal yang diperhatikan pengguna jalan lain adalah kondisi mobil tersebut.

Pesawat yang Jatuh di BSD Terbang Sempat Mendarat Landasan Sakalanagara Pandeglang

Jika bagian depan atau belakangnya rusak parah, ada sebagian yang menganggap bahwa kualitas kendaraan tersebut tidak bagus.

Padahal, justru kendaraan tersebut dibuat dengan perhitungan yang matang. Kerusakan itu memang sengaja diciptakan untuk melindungi penumpang yang ada di dalam mobil.

Kesaksian Warga yang Melihat Pesawat Jatuh di BSD Tangerang Selatan

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Seva.id, Minggu 8 November 2020, saat ini mobil dirancang memiliki crumple zone, yakni zona atau wilayah pada kendaraan yang dirancang untuk menyerap energi kinetik, ketika mengalami kecelakaan.

Tidak hanya diterapkan pada bagian depan, crumple zone juga terdapat pada bagian belakang mobil untuk mengantisipasi tabrakan dari belakang.

Begini Kondisi Korban dan Pesawat yang Jatuh di Lapangan BSD

Saat merancang mobil, teknik ini dipakai pabrikan mobil di dunia untuk mengurangi kerusakan di kabin. Itu yang menyebabkan tabrakan sedikit saja langsung terlihat kerusakannya.

Tak hanya bagian bodi yang dirancang untuk bisa melindungi penumpang, mesin juga dibuat untuk membantu mengurangi cedera parah saat mengalami kecelakaan.

Dudukan mesin dibuat lebih ringkih, sehingga saat mobil mengalami benturan, mesin akan jatuh ke bawah dan bukan terdorong ke arah kabin.

Kika mobil menabrak pejalan kaki, crumple zone akan mencegah korban cedera parah. Kap mesin akan terangkat sedemikian rupa, menahan kepala pejalan kaki menghantam kaca depan.

Baca juga: Cara Mudah dan Murah Amankan Motor dari Maling

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya