Ertiga Masuk Daftar Mobil Terlaris di Dunia

Suzuki Ertiga dipakai sebagai mobil Jenazah di Meksiko
Sumber :
  • screenshot Instagram

VIVA – Multi Purpose Vehicle atau MPV menjadi salah satu jenis mobil yang banyak peminatnya, khususnya di kawasan Asia. Selain Indonesia, kendaraan ini juga laku di India dan beberapa negara lainnya.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Selain difungsikan untuk membawa penumpang, MPV terkadang dimanfaatkan untuk mengangkut barang. Desainnya juga mengikuti tren, dan dibekali dengan beragam teknologi terbaru.

Pengguna mobil MPV tidak hanya mereka yang berasal dari kalangan bawah dan menengah saja, tapi juga kaum kaya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp200 jutaan seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, hingga lebih dari Rp2 miliar untuk Toyota Alphard.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Model lain yang juga laris di pasar luar negeri, misalnya Toyota Innova dan Suzuki Ertiga. Bahkan, Ertiga yang diproduksi di India masuk dalam daftar 10 mobil terlaris di dunia.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Focus2move, Senin 1 Februari 2021, kendaraan merek Jepang itu pada tahun lalu laku sebanyak 80.679 unit, menempatkannya di posisi sembilan. Di bawahnya ada mobil yang sudah tidak lagi diproduksi di Tanah Air namun masih dijual di negara lain, yakni Honda Freed dengan angka 77.650 unit.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Peringkat pertama dihuni oleh Wuling Hongguang, dengan jumlah 292.934 unit. Sebagai catatan, angka tersebut didapatkan di China saja, tempat pemasaran satu-satunya model itu.

Honda Odyssey menempati urutan dua, dengan jumlah 149.065 unit. Mobil buatan Amerika Serikat, Buick GL-8 ada di urutan tiga dengan angka 146.859 unit, diikuti oleh Toyota Alphard sebanyak 119.560 unit.

Sebagai informasi, saat ini Ertiga yang dibuat dan dipasarkan di Indonesia tersedia dalam dua tipe, yakni standar dan Sport. Harganya mulai dari Rp210 jutaan hingga Rp266 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya