Ada Insentif Buat Kendaraan yang Lulus Uji Emisi

Ilustrasi struk parkir yang terhubung ke data uji emisi
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Kualitas udara Jakarta yang sempat memburuk beberapa waktu lalu, mendapat sorotan serius dari Pemerintah Provinsi DKI. Beberapa langkah mereka terapkan, demi mewujudkan program langit biru.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Salah satunya yakni dengan memberlakukan Peraturan Gubernur DKI nomor 66 tahun 2020, tentang Uji Emisi Kendaraan Bermotor yang mulai diberlakukan pada akhir Januari kemarin.

Dalam Pergub tersebut, disebutkan bahwa aturan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor yang sehari-hari melintas di Ibu Kota.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Selasa 19 Maret 2024

Uji emisi bisa dilakukan di beberapa bengkel resmi mobil yang sudah dilengkapi dengan alat khusus, maupun kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI.

Bengkel resmi beberapa diler mobil menawarkan layanan ini secara gratis, khusus untuk konsumen yang melakukan perawatan berkala. Apabila datang hanya untuk diperiksa kadar gas buangnya, maka dikenakan biaya yang besarannya sekitar Rp150 ribu.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Proses uji emisi ini wajib dilakukan minimal satu kali dalam setahun. Datanya nanti akan disimpan ke pusat data, yang terhubung ke area parkir di Jakarta.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @up_perparkirandishub, Senin 8 Maret 2021, hari ini tiga area parkir sudah mulai diuji coba terhubung ke sistem tersebut.

Apabila kendaraan yang parkir tidak lulus atau belum melakukan uji emisi, maka akan dikenakan tarif parkir tertinggi. Hal itu tertuang dalam Pergub nomor 31 tahun 2017.

“Kendaraan yang belum melakukan uji emisi dan tidak lulus uji emisi akan diberikan disinsentif berupa pembayaran tarif parkir tertinggi,” tulis pengelola akun.

Sementara itu, kendaraan yang dinyatakan bahwa emisi gas buangnya masuk dalam daftar aman akan mendapat insentif berupa pembayaran tarif parkir rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya