Daihatsu Kembangkan Mesin Hybrid Sejak 1960

Daihatsu Rocky Hybrid
Sumber :
  • Dok: Daihatsu

VIVA – Daihatsu Rocky pertama kali diperkenalkan secara global pada 2019, yakni saat gelaran Tokyo Motor Show. Kurang dari dua tahun kemudian, mobil tersebut resmi diproduksi dan dipasarkan di Indonesia.

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

Mengusung desain compact sport utility vehicle atau SUV, Daihatsu Rocky memiliki penampilan yang trendi dan berjiwa muda. Dimensinya yang mungil dan bisa menampung lima orang, cocok untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota.

Rocky merupakan salah satu produk Daihatsu, yang dibekali dengan teknologi canggih dan berfungsi membuat perjalanan menjadi lebih aman serta nyaman.

Pembeli Mobil Pertama Enggan Pilih EV, Ini Alasannya

Teknologi itu dikemas dalam paket Advance Safety Assist atau ASA, yang punya kemampuan mengaktifkan rem secara otomatis saat jarak mobil dengan objek di depan terlalu dekat.

Daihatsu Rocky

Photo :
  • Dok: ADM
Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Sistem komputer juga memanfaatkan sensor untuk memberi tahu pengemudi jika hendak pindah lajur namun ada kendaraan lain di samping.

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Daihatsu, Rabu 3 November 2021, pabrikan asal Jepang itu baru saja meluncurkan varian Daihatsu Rocky Hybrid.

Daihatsu sudah lama kembangkan mesin hybrid

Sesuai namanya, mobil tersebut menggunakan jantung pacu kombinasi mesin konvensional tiga silinder berkapasitas 1.200cc dengan motor listrik.

Mesin bensin dipakai hanya sebagai generator untuk menghasilkan listrik, yang kemudian disimpan di dalam baterai. Meski spesifikasi mesin sama dengan Rocky 1.2L yang dijual di Indonesia, namun tenaganya sedikit lebih kecil agar rendah emisi.

Ada satu hal menarik lainnya yang diungkapkan Daihatsu terkait kehadiran mesin berteknologi canggih itu, yakni ternyata mereka sudah mengembangkannya sejak puluhan tahun lalu.

Perusahaan berlogo D itu mengaku telah melakukan riset terkait elektrifikasi kendaraan, sejak 1960. Hasil dari penelitian itu kemudian dikembangkan bersama Toyota, dan menghasilkan mesin hybrid yang dipasang di Daihatsu Rocky.

Keuntungan dari penggunaan kombinasi penggerak tersebut, yakni konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 38 kilometer per liter. Tenaga disalurkan ke roda depan, melalui transmisi matik CVT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya