Napak Tilas Suzuki All New Ertiga di Indonesia

Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Suzuki All New Ertiga menjadi salah satu mobil di Indonesia, yang mengisi segmen low multi purpose vehicle atau LMPV. Kendaraan ini memiliki nama unik, yang merupakan gabungan Bahasa Indonesia dan Inggris, yaitu Row (R) dan Tiga.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Nama itu merujuk pada hadirnya tiga baris kursi, sehingga bisa menampung tujuh orang penumpang. Mobil ini pertama kali hadir di pameran IIMS 2010 dalam wujud kendaraan konsep, dan kemudian resmi dibuat versi produksi massalnya dua tahun kemudian.

“Inovasi yang kami lakukan terhadap Ertiga di setiap generasinya sebagai apresiasi kepada pelanggan, agar dapat memiliki kendaraan unggulan yang memiliki teknologi terbaru namun dengan harga yang kompetitif,” ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 9 November 2021.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Donny menjelaskan, pada generasi pertamanya Suzuki Ertiga mendapatkan dua kali penyegaran pada bagian eksterior dan interior yakni pada 2013 dan 2015. Mereka juga sempat menghadirkan versi mewahnya, yakni Ertiga Dreza.

Suzuki All New Ertiga

Photo :
  • Dok: SIM
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Gebrakan besar dilakukan oleh SIS pada 2017, di mana mereka memasang mesin diesel 1.300cc yang dibekali teknologi hybrid. Hal itu menjadikan Suzuki sebagai pabrikan otomotif pertama yang menerapkan teknologi canggih pada kategori LMPV di Indonesia.

Generasi Kedua

Suzuki All New Ertiga yang merupakan generasi kedua, diluncurkan secara resmi pada 2018. Mobil ini mendapatkan perubahan total, termasuk eksterior dan interior yang lebih elegan dan sporty. Ukuran kabin menjadi lebih luas dan nyaman karena dibangun di atas platform Heartect.

Jantung pacu 1.400cc empat silinder dipensiunkan, dan diganti dengan K15B empat silinder 1.500cc berteknologi VVT dan DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 104,7 daya kuda serta torsi 138 Newton meter.

Hal menarik lainnya yang ada pada Suzuki All New Ertiga adalah konsumsi bahan bakarnya, di mana konsumsi bensin dalam kota mencapai 12,3 kilometer per liter untuk pemakaian kecepatan rata-rata 20 km per jam, dan 17 km per liter di jalan tol dengan penggunaan konstan di 100 km per jam.

Suzuki Ertiga diuji keiritan bahan bakarnya dari Cikarang sampai Cirebon

Photo :
  • Viva.co.id/Pius Mali

Jika menggunakan teknik eco driving, Ertiga transmisi manual mencatatkan angka 25,34 km per liter, sedangkan untuk varian otomatis mencapai 29,34 km per liter.  

“Berbagai inovasi serta penghargaan yang diraih All New Ertiga, memotivasi kami untuk semakin meningkatkan kualitas mobil unggulan Suzuki tersebut agar sesuai dengan kebutuhan konsumen dan dapat terus menjadi mobil Kebanggan Keluarga Indonesia,” tutur Donny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya