Mobil Serba Bisa Ini Laku Puluhan Ribu Unit

Mobil pikap Suzuki Carry Luxury
Sumber :
  • dok. SIS

VIVA – Selain kendaraan pribadi, pasar otomotif Indonesia juga diramaikan oleh kehadiran mobil yang bisa digunakan untuk keperluan niaga dan angkutan umum. Salah satu yang sudah lama dikenal masyarakat, yakni Suzuki Carry.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Sudah 45 tahun Suzuki Carry Pick Up ada di Tanah Air, dan eksistensinya seolah tak pernah pudar meski persaingan semakin ketat dengan bertambahnya pemain di sektor industri otomotif nasional.

Berawal dari model ST20 untuk mengangkut hasil panen cengkih di Sulawesi Utara, kini Carry menjelma sebagai alat transportasi multi fungsi yang jadi andalan para pengusaha di Indonesia. Mulai dari angkutan umum, hingga dikonversi menjadi ambulans serta mobil balap slalom.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

New Suzuki Carry Pick Up

Photo :
  • Istimewa

Pada tahun ini, Carry Pick Up menjadi tulang punggung penjualan PT Suzuki Indomobil Sales. Assistan to 4W Sales Depaertment Head SIS, Sukma Dewi mengatakan bahwa dari 93 persen produk buatan lokal mereka yang mengisi pasar otomotif di dalam negeri, model tersebut berkontribusi lebih dari 50 persen.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

“Periode Januari sampai Oktober tahun ini, New Carry Pick Up yang berkontribusi sebesar 57 persen secara whole sales dan 59 persen secara retail sales,” ujarnya di pameran GIIAS 2021, dikutip VIVA Otomotif Senin 15 November 2021.

Jika dilihat dari jumlah unit yang didistribusikan baik ke diler maupun konsumen, maka pikap tersebut sepanjang 10 bulan di tahun ini laku sebanyak 41.696 unit untuk whole sales dan 41.372 untuk retail sales.

Sementara itu, mobil low sport utility vehicle atau LMPV andalan mereka, yakni XL7 berkontribusi lebih dari 15 persen terhadap penjualan nasional Suzuki. Peningkatannya yakni 58,5 persen untuk whole sales dan 67,9 persen untuk retail sales.

Peringkat berikutnya ditempat oleh Suzuki Ertiga, di mana low multi purpose vehicle atau LMPV yang varian barunya resmi diperkenalkan di GIIAS 2021 itu menyumbang kontribusi sebesar 12 persen.

“XL7 dan All New Ertiga termasuk ke dalam kontributor terbesar, didukung oleh adanya kebijakan PPnBM yang diberikan oleh pemerintah,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya