Mobil Ini Dirancang Khusus untuk Indonesia, Harga Rp40 Juta

Land Rover Defender 110 TVRI
Land Rover Defender 110 TVRI
Sumber :
  • Lelang.go.id

VIVA – Pada zaman dahulu Indonesia banyak kedatangan mobil-mobil dari luar negeri, yang statusnya impor dan berasal dari merek ternama. Mulai dari Vokswagen, hingga Jeep.

Ada juga beberapa mobil, yang dirancang khusus oleh produsennya untuk digunakan di Tanah Air. Kendaraan yang dimaksud, yakni Land Rover Defender 110.

Mobil gagah yang masuk ke dalam kategori sport utility vehicle atau SUV itu, banyak digunakan untuk keperluan militer maupun berpetualang ke wilayah baru yang belum pernah dijejaki oleh kendaraan sebelumnya.

Karena dikenal kuat dan andal, maka TVRI juga sempat menjadikannya sebagai armada mereka. Unit tersebut dirancang ulang oleh pabrikan asal Inggris itu, supaya bisa dipakai sebagai mobil kamera.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di laman resmi Lelang.go.id, Rabu 8 Desember 2021, mobil eks TVRI lansiran 1989 tersebut statusnya saat ini berada di Cilacap, Jawa Tengah.

Keaslian unit terlihat pada bagian plakat, yang menyatakan bahwa pihak Land Rover membuat Defender 110 Turbo Diesel Camvan spesial untuk keperluan siaran TVRI. Unit didatangkan langsung dari Inggris.

Defender 110 yang merupakan varian sasis panjang itu akan dilelang oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Purwokerto, pada 8 Desember esok hari.