Tahun Depan Mobil Keren Ini Siap Jegal Raize dan Rocky di RI

Volkswagen T-Cross
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle berukuran kompak menjadi salah satu model yang sedang digandrumi di pasar Indonesia. Segmen tersebut semakin memanas sejak kehadiran Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Kedua mobil dengan kapasitas lima penumpang itu hadir pada April 2021. Diproduksi lokal yang dibangun dari  satu platform, dengan mesin 1.000cc turbo, dan 1.200cc. Hadir sebagai pesaing Nissan Magnite, dan Kia Sonet.

Toyota Raize 1.0 GR Sport TSS

Photo :
  • VIVA Otomotif
Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Melihat peluang pasar yang masih menjanjikan, PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai pemegang merek Volkswagen di Tanah Air akan ikut terjun di kolam yang sama dengan merilis produk terbarunya bernama VW T-Cross.

Head of Sales PT GMM, Ahmad Badawi mengatakan, di awal 2022  bakal ada kejutan bagi penggemar Volkswagen di Tanah Air. Sebuah SUV baru yang merupakan adik dari VW Tiguan akan diperkenalkan guna memberikan pilihan.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Meski tidak disebutkan model atau namanya secara detil, namun dia menyebut bahwa mobil barunya itu hadir dengan format yang lebih kompak. Dan akan memberikan performa luar biasa dengan mesin turbo yang dimilikinya.

“Kami selalu memegang komitmen untuk terus eksis di pasar otomotif Indonesia dengan menyediakan produk unggulan Volkswagen yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujarnya dikutip Viva Otomotif dari keterangan resminya, Jumat 10 Desember 2021.

Dibangun menggunakan platform MQB atau serupa dengan Polo, dan Audi A1 yang terlahir sebagai hatchback. Soal jantung pacunya, SUV kompak tersebut mengadopsi mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000cc turbo.

Tenaga maksimal yang bisa disemburkan dari mesin tersebut mencapai 113 daya kuda. Disalurkan melalui transmisi matik dual cluth 7-percepatan ke roda depan.

Khusus di pasar Eropa, VW juga menawarkan mesin diesel turbo empat silinder 1.600cc, dan bensin turbo 1.500cc dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan, atau 6-percepatan.

T-Cross debut sejak 2019 namun saat itu hanya dijual untuk pasar Eropa. Mobil dengan konfigurasi lima penumpang itu dibanderol mulai dari Rp296,6 juta, atau 17,975 euro di negara asalnya.

Sebelum resmi diluncurkan, produsen mobil asal Jerman itu diam-diam sudah mendaftarkan produk terbarunya di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak kendaraan Bermotor, dan Bea Balik Nama.

Tersedia satu varian, yakni T-Cross 1.0 TSI matik dengan harga dasar Rp292,950 juta. Artinya jauh lebih mahal dibandingkan tipe tertinggi dari para pesaingnya yang sudah lebih dulu mengaspal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya