Toyota GR Yaris yang Lebih Buas Siap Meluncur dalam Hitungan Hari

Toyota GR Yaris di Tokyo Auto Salon
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA – Toyota Gazoo Racing sukses menciptakan GR Yaris untuk ajang WRC (World Rally Championship) sejak 2019. Seiring permintaan pasar yang tinggi, mobil tersebut akhirnya diproduksi massal dengan beberapa penyesuaian.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Toyota GR Yaris hanya dibuat 25 ribu unit untuk seluruh dunia demi memenuhi hasrat para penggemar adrenalin. Sedangkan untuk pasar Indonesia hanya mendapatkan 126 unit, artinya tidak semua orang bisa memilikinya.

Mengingat produk tersebut berhasil menyedot perhatian dunia, tidak heran jika Toyota bersama rumah modifikasinya akan meluncurkan edisi spesial GR Yaris di Tokyo Auto Salon pada 14-16 Januari di Makuhari Messe, Jepang.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Toyota GR Yaris.

Photo :
  • Dok: Toyota

Sebelum diperkenalkan ke publik, siluet mobil hatchback bertenaga buas itu sudah menjadi perbincangan, dan ramai diberitakan media luar. Salah satunya Paultan.org, seperti dikutip Viva Otomotif, Senin 10 Januarai 2022.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Berdasarkan foto bayangannya, GR Yaris tersebut memiliki penampilan lebih sporty dari edisi standar yang sudah dijual di pasar. Bagian kap mesin diduga menggunakan bahan serat karbon lengkap dengan lubang udara.

Sekilas penampakan eksteriornya seperti disuntik body kit, bumpernya agak berbeda karena, terdapat side skirt pada bodi samping, sementara buritan tidak diketahui perubahannya, namun dari sisi atas tampak spoiler besar di belakang.

“Kemungkinan ini versi final dari prototype yang dimodifikasi, dan sempat kepergok kamera saat uji coba di sirkuit Nurburgring pada Oktober 2020,” tulis keterangan media asal Malaysia tersebut.

Selain mengubah penampilannya agar kesan mobil balap reli semakin kental, kabarnya jantung pacu GR Yaris edisi spesial itu tetap serupa, namun tenaga yang dihasilkan lebih buas.

GR Yaris dipersenjatai mesin bensin baru yang dikembangkan Toyota dengan menganut tiga silinder berkapasitas 1.600cc. Dilengkapi turbo, dengan sistem intake dan knalpot yang disesuaikan untuk performa yang maksimal.

Sehingga mobil jenis hatchback itu dapat memuntahkan tenaga 272 PS, dan torsi 370 Nm. Disalurkan melalui transmisi manual Imt (Intelligent Manual Transmission) 6-percepatan ke semua roda, alias 4WD (four wheel drive).

Tenaga yang disalurkan mesin ke roda belakang dan depan berbeda-beda disesuaikan kebutuhan. Fungsinya agar menciptakan kontrol maksimal, sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui mobil tersebut.

Didukung sistem differential yang diatur secara elektronik, atau controlled multi-plate clutch center yang dapat mencegah selip di masing-masing roda. Terdapat tiga pilihan gaya berkendara, yakni normal, sport, dan track.

Toyota GR Yaris.

Photo :
  • Dok: TAM

Sebagai informasi, selama pameran Tokyo Auto Salon Toyota bukan hanya menghadirkan GR Yaris edisi brutal, namun jenama asal Jepang itu akan memperkenalkan GR GT3 konsep untuk Wiorld Endurance Championship (WEC) 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya