Bocoran Mobil-mobil yang Bakal Hadir di IKN

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk electric vehicle (EV) charging mobil listrik.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Dua tahun lagi rencananya Ibu Kota kita akan dipindahkan, dari DKI Jakarta ke lokasi baru yang ada di Penajam Paser dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Tempat yang menjadi calon Ibu Kota Negara atau IKN itu, oleh Presiden Jokowi beberapa waktu telah resmi diberi nama Nusantara.

Kementerian Perhubungan mengaku sedang menyiapkan rencana pembangunan sistem transportasi yang cerdas, terintegrasi dan ramah lingkungan untuk mendukung aktivitas di IKN.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa konsep pembangunan IKN yakni kota baru yang cerdas, kompetitif di tingkat global, sebagai transformasi menuju negara yang berbasis inovasi, teknologi, dan ekonomi hijau.

“Untuk mendukung pembangunan di kawasan IKN, kami telah siapkan konsep Smart City, Smart Mobility,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 7 Februari 2022.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Mobil otonom Toyota e-Pallete.

Photo :
  • Dok: Toyota

Menhub menuturkan, perencanaan transportasi sangat penting dalam mendukung kelancaran aksesibilitas dan mobilitas manusia maupun barang di IKN.

“Dalam membangun konektivitas dan aksesbilitas IKN, transportasi publik yang ramah lingkungan menjadi pilihan utama,” tuturnya.

Sistem transportasi darat yang akan dikembangkan di IKN, kata Menhub yakni fasilitas pejalan kaki, sepeda, kendaraan listrik berbasis baterai, dan kendaraan otonom untuk angkutan bus.

Sementara itu, untuk transportasi udara akan dilakukan pengembangan bandara yang mengusung konsep Aerotropolis cerdas, terintegrasi serta memperhatikan etika lingkungan. Di sektor transportasi laut, akan dikembangkan penggunaan kapal otonom untuk kapal penumpang maupun barang.

Sebagai informasi, kendaraan listrik berbasis baterai saat ini sudah mulai banyak ditawarkan di Indonesia dalam wujud mobil dan sepeda motor. Contohnya Nissan Leaf, Hyunda Ioniq dan DFSK Gelora E.

Bus otonom yang bisa melaju ke titik tujuan tanpa perlu dikemudikan manusia, juga sudah mulai dikembangkan oleh beberapa pabrikan otomotif. Salah satunya seperti yang pernah dipamerkan di GIIAS 2021, yakni Toyota e-Palette.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya