Hyundai Creta Belum Mampu Kalahkan Honda HR-V, Ini Buktinya

Hyundai Creta
Sumber :
  • Jeffry

VIVA – Mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle lima penumpang memiliki pasar yang menjanjikan di RI, sejumlah produsen punya mobil sejenis dengan spesifikasi yang hampir mirip, namun dengan desain dan harga berbeda-beda.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Terutama SUV kompak bermesin 1.500cc non turbo yang semakin ramai sejak hadirnya Hyundai Creta pada November 2021. Sebelumnya diisi Honda HR-V, Kia Sonet, Suzuki S-Cross SX4, DFSK Glory 560, dan MG ZS Magnify.

Honda HR-V edisi spesial

Photo :
  • Paultan
Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Meski banyak pendatang baru, namun belum ada yang bisa menggeser Honda HR-V sebagai yang paling laris. Seperti yang terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo di awal tahun ini.

Berkaca dari data wholesales, atau penjualan pabrik ke diler di Januari 2022 Honda HR-V mencatatkan angka 1.440 unit. Pencapaian itu hanya disumbang dari satu tipe yang masih didaftarkan Honda, yakni HR-V 1.5 E.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Hal yang wajar jika PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai produsen hanya mendistribusikan satu tipe ke jaringan dilernya. Mengingat dalam waktu dekat All New HR-V akan segera hadir di Indonesia dengan perubahan total.

Bahkan sebelum resmi diluncurkan, penampakan HR-V terbaru sudah kepergok kamera saat proses syuting, dan menjadi perbincangan di media sosial. Namun terkait waktu peluncurannya masih dirahasikan.

“All New HR-V memang sudah diluncurkan di negara lain. Tetapi model HR-V yang ada saat ini masih sangat baik. Untuk waktu peluncuran model baru, tentu saja kami akan menyesuaikan dengan kondisi pasar,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy saat dikonfirmasi Viva Otomotif.

Sementara posisi kedua ditempati Hyundai Creta, mobil pertama Hyundai yang dibuat di Cikarang, Jawa Barat itu dikirim ke jaringan diler sebanyak 932 unit pada awal tahun ini. Artinya belum sesuai dengan jumlah pemesanan.

Mengingat sejak resmi diluncurkan pada November 2021 sampai akhir bulan lalu, angka pemesanan yang dikantongi jaringan diler Hyundai sudah ribuan unit. Hal itu sempat disampaikan Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia, Makmur.

“Jumlah pemesanan Creta sudah lebih dari 1.700 unit, pencapaian yang positif. Karena konsumen tidak pernah test drive, dan melihat langsung unitnya di diler, karena pendistribusian unit baru dilakukan di Januari,” tutur Makmur.

Melalui data Gaikindo terlihat, bahwa model terlaris atau yang paling banyak dikirim ke diler adalah Creta Style 1.5 IVT transmisi matik, yaitu 387 unit. Artinya tipe menengah mendominasi dibandingkan varian tertinggi.

Sebagai informasi, penjualan wholesales DFSK Glory 560 dalam periode yang sama hanya terjual 11 unit, Kia Sonet 88 unit, MG ZS Magnify 151 unit, dan Suzuki S-Cross hilang dari daftar produk Suzuki Indonesia di awal tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya