Agar Tetap Selamat Pemilik Mercedes-Benz di RI Segera ke Bengkel

SUV baru Mercedes-Benz GLE yang dirakit secara lokal di Indonesia
SUV baru Mercedes-Benz GLE yang dirakit secara lokal di Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Mobil yang dijual ke pasar sudah melalui proses studi sebelum akhirnya diproduksi massal. Desainer, atau para insinyur yang bertugas dalam pengembangan produk, berfikir matang sebelum mengambil keputusan. 

Ada banyak faktor yang dipertimbangkan pabrikan sebelum memproduksi mobil dalam jumlah banyak. Mulai dari tingkat keamanan, kenyamanan, kemampuan mesin, desain eksterior, interior, hingga teknologinya. 

Mengingat tidak semua suku cadang atau part dibuat oleh brand tersebut, melainkan melibatkan perusahaan lain seperti halnya airbags atau kantung udara.

Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan paling vital, karena dapat membantu pengemudi atau penumpang tetap selamat saat terjadi kecelakaan. Sistem kerjanya akan terlihat ketika mobil mengalami benturan keras.

Airbag

Airbag

Photo :
  • Caradvice

Saat terjadi benturan tersebut, sensor akan mengirimkan sinyal segingga kantung udara itu menerima pesan agar mengembang. Umumnya komponen tersebut terletak di bagian setir, dashboard, hingga pilar di dalam mobil.

Jika mengembang dengan baik, tentu pengemudi atau penumpang tidak akan terbentur benda keras yang dapat berdampak fatal dari sisi keamanan. Namun tidak semua brand airbag membuat produknya dengan sempurna.