Airbag Bermasalah, Ini Mobil Mercy yang Kena Recall di Indonesia

Logo Mercedes-Benz yang dilengkapi dengan lampu
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Airbag Takata bermasalah membuat banyak mobil dari berbagai merek di seluruh di dunia terkena dampaknya, dari berbagai merek yang terkena dampaknya, salah satunya Mercede-Benz.

Kawasaki Ninja ZX-25R dan ZX-4RR di Indonesia Kena Recall karena Masalah Rangka?

Pasalnya,  airbag Takata yang mengalami masalah secara global ini diawali dari notifikasi National Highway Traffic Safety Administrator (NHTSA) di Amerika, yang menemukan adanya risiko serius bahwa serpihan logam yang berasal dari wadah (container) propellantdi dalam airbag, dapat terlontar pada saat airbag mengembang, yang bisa mengakibatkan cedera serius, bahkan kematian.

Sehingga membuat pabrikan asal Jerman melakukan recall, yang berkaitan dengan airbag Takata yang bermasalah.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Recall ini punya tujuan untuk memastikan keselamatan pelanggan, dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi modul airbag di dalam kendaraan setelah waktu yang lama.

Mercedes-Benz recall airbag Takata

Photo :
Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Selain melakukan recall sejak tahun 2019, untuk keselamatan terhadap mobil yang terkena dampak, Mercedes Benz juga bekerja sama dengan Joyson Safety System perusahaan penerus Takata, untuk bertukar informasi terkait temuan dan kondisi terkini

Nah kini, Mercedes-Benz Distribution Indonesia dan Mercedes-Benz Group AG memberikan keyakinan kepada pelanggannya, bahwa semua mobil penumpang Mercedes-Benz yang diproduksi saat ini, tidak lagi dilengkapi dengan Takata atau airbag pabrikan lain yang berbahan dasar amonium nitrat sebagai propelan utama.

Menurut siaran pers yang diterima VIVA Otomotif dari MBDI, Jumat 18 Februari 2022, para pemilik Mercedes-Benz dapat memeriksa VIN kendaraan mereka di microsite Mercedes-Benz atau menghubungi Customer Care Centre 1 -5000-50 Ext 2, untuk mengonfirmasi apakah mobil mereka telah diidentifikasi untuk program pemantauan sukarela ini.

Pihak Mercedes-Benz Distribution Indonesia juga mengimbau, semua pelanggan yang terkena dampak untuk menghubungi dealer resmi Mercedes-Benz atau Customer Care Centre untuk mengganti airbag, tergantung ketersediaan suku cadang. Pelanggan juga akan diinformasikan dan ditawarkan airbag pengganti baru secara gratis jika airbag terdampak. 

Di Indonesia, mobil Mercy yang di-recall karena masalah airbag Takata antara lain 169 (A-Class), 204 (C-Class), 207 (E-Class Coupe), 212 (E-Class), 164 (ML), 171 (SLK),251 (R-Class), 197 (SLS AMG), 906 (Sprinter) dan 639 (Vito/van)dari periode produksi 2004 - 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya