Jangan Iri Lihat Koleksi Mobil Menag yang Bahas Toa Masjid

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Kemenag

VIVA – Sebagai Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas ternyata punya beberapa unit koleksi mobil, yang terdiri dari satu merek saja, sepertinya Menag dengan sapaan Gus Yaqut ini fanatik terhadap merek mobil.

Prabowo-Gibran Hadiri Halalbihalal PBNU, Disambut Menag dan Gus Yahya

Akhir-akhir ini Gus Yaqut sedang menjadi sorotan publik, lantaran ucapannya yang membahas toa masjid di Pekanbaru, Riau.

Yaqut mengungkapkan, "Kita bayangkan, saya Muslim saya hidup di lingkungan nonmuslim, kemudian rumah ibadah mereka membunyikan toa sehari lima kali dengan keras secara bersamaan, itu rasanya bagaimana?,"

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Yaqut pun melontarkan contoh yang menyinggung perbandingan dengan gonggongan anjing, di waktu bersamaan berpotensi mengganggu.

"Contohnya lagi, misalkan tetangga kita kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu yang bersamaan, kita terganggu tidak? Artinya semua suara-suara harus kita atur agar tidak menjadi gangguan," kata Yaqut.

Stafsus Menag Beberkan Upaya Kemenag Dukung Program Prioritas Pemerintah

Pernyataan kontroversi Yaqut tersebut akhirnya menuai kecaman, Yaqut juga bakal terancam dilaporkan ke polisi. Pihak yang akan melaporkan Yaqut adalah pakar telematika Roy Suryo, bersama Kongres Pemuda Indonesia (KPI).

Roy Suryo, Mantan Menpora RI

Photo :
  • VIVA/ Foe Peace Mayel

Roy mengatakan bersama KPI akan melaporkan Yaqut ke Polda Metro Jaya, Kamis hari ini sekitar pukul 15.00 WIB. Ia bilang akan membawa bukti-bukti rekaman audio visual pernyataan Yaqut.

Dalam keterangan Roy, rencana laporan terhadap Yaqut karena ucapannya yang diduga membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing. Menurutnya, Yaqut diduga melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE) atau Pasal 156a KUHP tentang penistaan agama.

Kembali lagi ke koleksi mobilnya, ternyata mantan Ketua Umum GP Anshor ini sepertinya fanatik dengan satu merek mobil andalan, terbukti dua mobil yang berada di garasi rumahnya hanya terdapat merek Mazda.

Data itu didapat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Nasional yang disetorkan pada Juni 2019, ketika dirinya menjabat sebagai anggota DPR RI. Dikutip VIVA Otomotif pada Kamis 24 Februari 2022, Gus Yaqut memiliki total kekayaan senilai Rp900 jutaan atau tepatnya Rp936.396.000.

Dari total harta kekayaannya tersebut,ternyata di garasi rumahnya hanya terdapat dua mobil dengan merek Mazda, yakni Mazda Biante tahun 2014 dengan kisara harga Rp400 juta, dan Mazda CX-5 tahun 2015 yang harga jualnya sekitar Rp482 juta.

Mazda Biante pertama kali hadir di Jepang pada tahun 2008, dengan memiliki 5 vairan tipe, yakni 20S, 20CS, 23S, 20C dan Granz. Mazda Biante diekspor ke Indonesia pada tahun 2012, yang bersaing dengan Nissan Serena dan Toyota NAV1.

Mazda Biante.

Photo :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

Sayangnya umur Mazda Biante tidak berlangsung lama, karena pada tahun 2018 Mazda memutuskan untuk berhenti memproduksi Biante. Alasannya, pabrikan kini berfokus untuk mengembangkan mobil di segmen SUV dan sedan, sehingga beberapa model MPV Mazda macam Biante dan VX-1 harus disuntik mati.

Sementara Mazda CX-5 tahun 2020 dibekali mesin SkyActive-G 2.5L 4-silinder segaris DOHC 16 katup, Mazda CX 5 tersedia dalam 3 varian. Harga mobil Mazda CX 5 berkisar dari Rp 508 juta hingga Rp 588 jutaan. Ini merupakan harga Mazda CX 5 Indonesia di tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya