Angelina Sondakh Bebas dari Penjara, Kemana Koleksi Mobilnya?

Angelina Sondakh bebas.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mantan anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Angelina Sondakh bebas dari Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Perempuan Pondok Bambu, Jakarta, Kamis 3 Maret 2022, setelah menjalani masa hukuman penjara 10 tahun.

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Saat duduk di kursi parlemen, wanita dengan nama lengkap Angelina Patricoa Pingkan Sondakh terbukti menerima suap sebesar Rp2,5 miliar dalam kasus Wisma Atlet, dan ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pada 2012.

Angelina Sondakh Bebas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Parkiran Mobil di Bawah Pohon Ini Harganya Setara Rumah Mewah

Sebelum menjadi tahanan, Angline Sondakh hidup bergelimang harta, dengan beberapa koleksi mobil mewah yang sempat dimilikinya. Hal itu terlihat dari data LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara. 

Mantan putri Indonesia itu sempat memiliki harta kekayaan hingga Rp6,1 miliar pada 2010, meningkat drastis dibandingkan 2003 yang hanya Rp618 juta.

Tips Membeli Mobil Pertama untuk Pemula

Dari angka tersebut harta bergerak yang tidak disebutkan detil itu menjadi Rp2,8 miliar, surat berharga Rp1,2 miliar, giro dan setara kas Rp770 juta. Yang menarik mantan politisi itu sempat memiliki beberapa kendaraa mewah.

Di dalam garasi rumahnya terparkir lima mobil, dan satu unit moge BMW lansiran 2009 yang saat itu harga jualnya ditaksir Rp150 juta. Sedangkan kelima kendaraan roda empatnya yang paling mahal adalah BMW X5.

Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle buatan BMW itu berstatus hibah, artinya pemberian orang bukan dibeli dengan uang sendiri. Diproduksi pada 2005 dengan harga Rp630 juta saat itu, padahal kondisi barunya di atas Rp1 miliar.

BMW X5 menjadi salah satu SUV varian tertinggi dari keluarga brand berlogo baling-baling tersebut. Melansir beberapa platform jual beli online, banderol mobil gagah buatan Jerman itu saat ini hanya Rp170 jutaan.

Dibekali mesin bensin enam silinder berkapasitas 3.000cc, mobil SUV dengan konfigurasi lima penumpang itu dapat memuntahkan tenaga maksimal 224 dk di 5.900 rpm, dan torsi 290 Nm di 3.500 rpm.

Kemudian mobil termahal urutan kedua Hyundai Trajet lansiran 2002 seharga Rp209 juta. Dilahirkan sebagai MPV atau Multi Purpose Vehicle dengan kapasitas tujuh penumpang, mobil tersebut cukup jarang ada di RI.

Harga bekas Hyundai Trajet saat ini berdasarkan situs jual beli online hanya Rp50 jutaan dengan tahun produksi 2003-2004. Mobil tersebut hadir sebagai pesaing Honda Odyssey untuk meramaikan mobil keluarga kelas menengah.

Koleksi lainnya ada Toyota Kijang Innova buatan 2008 seharga Rp180 juta, Honda CR-V yang merupakan barang hibah dibanderl Rp174 juta kode produksi 2008, dan Toyota Vios 2004 harganya Rp168 juta. Tidak diketahui status hartanya yang sempat disita negara, termasuk koleksi mobilnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya