Bulan Depan Harga Kijang Innova dan Fortuner Naik Gara-gara Ini

Perakitan mobil Toyota Kijang Innova di pabrik TMMIN.
Sumber :
  • Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

VIVA – Pemerintah melakukan berbagai cara demi menekan polusi udara yang dihasilkan dari mesin kendaraan bermotor. Diantaranya memberikan isentif untuk mobil ramah lingkungan yang mengandalkan tenaga listrik, atau hybrid.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Selain itu cara lain untuk memperkecil jumlah polusi udara dari mesin pembakaran adalah meningkatkan standar emisi gas buang. Terutama untuk mesin diesel mobil penumpang, atau komersial yang masih dijual sampai saat ini.

Toyota Fortuner

Photo :
  • Dok: TAM
Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

Dalam waktu dekat kendaraan yang masih meminum solar sebagai sumber tenaganya akan memasuki era Euro4. Sehingga ada sejumlah penyesuian komponen untuk produk-produk bermesin diesel yang dijual ke pasaran.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4, yang berlaku pada 7 April 2022.

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Adanya regulasi baru itu, para produsen kendaraan sedang mempersiapkan produk-produknya agar sesuai dengan standar Euro4. Seperti yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen mobil Toyota di RI.

Tercatat ada beberapa model kendaraan penumpang bermesin diesel Toyota, yaitu Kijang Innova, atau Fortuner. Nantinya harga mobil tersebut akan mengalami kenaikan harga, karena ada beberapa perubahan komponen.

“Iya, akan ada penyesuaian harga untuk Euro4 di April. Angkanya nanti ya, sedang diskusi internal,” ujar Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy kepada Viva Otomotif, Rabu 9 Maret 2022.

Meski tidak dijelaskan kenaikan harganya, namun menurut beberapa tenaga penjual diler yang enggan disebutkan namanya, banderol Kijang Innova dan Fortuner akan meningkat hingga Rp7 jutaan.

Salah satu sales diler Toyota Auto2000 menyebut, bahwa kenaikan harga tersebut belum berlaku untuk saat ini. Sehingga konsumen yang ingin melakukan pembelian masih menggunakan banderol lama, menyesuaikan stok unit.

“Bulan ini belum ada perubahan harga,” tutur wiraniaga tersebut saat dikonfirmasi.

Berikut harga Toyota Kijang Innova, dan Fortuner di Maret 2022:

Fortuner 4x2 2.4 G MT: Rp524,100 juta

Fortuner 4x2 2.4 G AT: Rp541,700 juta

Fortuner 4x2 2.4 VRZ AT: Rp570 juta

Fortuner 4x2 2.4 GR Sport AT: Rp586,900 juta

Kijang Innova 2.4 G MT: Rp375,400 juta

Kijang Innova 2.4 G AT: Rp396,600 juta

Kijang Innova 2.4 V MT: Rp430,400 juta

Kijang Innova 2.4 V AT: Rp450,100 juta

Kijang Innova Venturer 2.4 AT: Rp504,900 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya