Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Toyota Fortuner Hybrid 48V
Sumber :
  • Toyota

Jakarta, 19 April 2024 –  Toyota Fortuner Hybrid baru saja diluncurkan di Afrika Selatan, mobil SUV ini mendapatkan teknologi hybrid ringan (mild hybrid) 48V. Bagaimana dengan spesifikasi lengkap dari mobil yang dijual mulai dari Rp700 jutaan ini?

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Dapur pacunya, Fortuner Hybrid ini dibekali mesin diesel 2.800 cc yang diperkuat dengan penambahan sistem hybrid 48V. Mesinnya menggerakkan generator motor menggunakan sistem sabuk, yang kemudian mengisi baterai lithium 48V. 

Ukuran baterainya sendiri memang cukup kecil dan ditaruh di bawah kursi belakang. Hal tersebut untuk  meminimalkan dampak pada ruang kabin dan beratnya hanya 7,6 kg. 

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Toyota Fortuner Hybrid 48V

Photo :
  • Toyota

Baterai 48V ini juga menyuplai sistem 12V kendaraan melalui konverter DC/DC. Seperti kebanyakan mobil hybrid lainnya, baterai pada mobil ini juga bakal terisi selama pengereman.

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Lalu, baterai yang sudah terisi akan mengirimkan tenaga hingga 12kW dan torsi 65Nm melalui generator motor ke mesin untuk meningkatkan akselerasi, tenaga, dan efisiensi. 

Dikutip VIVA Otomotif dari Rushlane, Jumat 19 April 2024, generator motor ini compact dan telah dirancang untuk tahan terhadap lingkungan kerja yang lebih keras. Sementara mesinnya telah dimodifikasi untuk beradaptasi dengan sistem hybrid.

Mesin diesel 2,8 liter yang bertenaga dan memenuhi standar Euro 6d, DOHC, 16 katup, yang menghasilkan 150kW pada 3.400 rpm dan torsi 500Nm antara 1.600 dan 2.800rpm. 

Toyota Fortuner Hybrid 48V

Photo :
  • Toyota

Sistem hybrid 48V pada Fortuner diklaim menggabungkan akselerasi responsif, peningkatan performa pengereman, dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dengan pengendaraan yang lebih mulus saat di perjalanan.

Keunggulan sistem hybrid 48V, meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 5% dibandingkan dengan powertrain diesel konvensional. Toyota Fortuner Hybrid 48V dijual mulai Rp709 juta untuk tipe terendahnya, dan yang paling tinggi dibanderol Rp826 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya