Tidur di Dalam Mobil Bakal Dikenai Denda Rp43 Juta, Kok Bisa?

Ilustrasi tidur di dalam mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Pihak Kepolisian Inggris mengeluarkan denda bagi orang yang kedapatan tidur di dalam mobil. Dendanya pun tak main-main, mencapai 2.500 Poundsterling atau mencapai Rp47,3 juta.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Melansir dari Mirror, Rabu 9 Maret 2022, tak cuma denda saja yang diberikan kepada si pelanggar. Ada juga pengurangan 10 poin di Surat Izin Mengemudi (SIM).

Aturan ini sebenarnya sudah ada dalam Road Act tahun 1988, namun tak banyak yang tahu akan besaran dendanya. Tapi perlu dicatat, tidur di sini adalah tidur karena mabuk bukan tidur yang biasa.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Dengan begini, artinya siapa saja yang berada di mobil dalam keadaan mabuk dan tertidur akan langsung didenda. Bagi kepolisian Inggris, aturan ini agar tak ada orang-orang mabuk yang kendarai mobil.

Tertidur saat mengendarai mobil Range Rover di China

Photo :
  • Orange.co.uk
Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

“Seseorang yang masuk ke mobil mereka setelah minum alkohol dan mabuk adalah resiko bagi diri mereka sendiri, dan semua orang di jalan, termasuk teman-teman mereka," jelas Liz Brooker MBE, Chair of Road Safety Great Britain.

Lebih lanjut, menurutnya peraturan itu justru membuat orang yang mabuk akan gunakan jasa transportasi atau diantar temannya. Pemerintah Inggris sendiri berupaya keras mensosialisasikan lagi peraturan itu.

Sebab, kecelakaan yang diakibatkan oleh mengemudi dalam keadaan terpengaruh alkohol masih sangat tinggi di Inggris. Selain mengenalkan lagi denda yang sangat besar, mereka juga tengah berupaya melakukan sosialisasi dengan melakukan kampanye bertajuk "THINK".

"Melalui kampanye itu kita berharap bisa mengajak orang banyak agar bisa berkendara dengan aman dan melindungi orang-orang yang kita sayangi," jelas Liz Brooker MBE.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya