Mengejutkan, Mobil Gagah Toyota Paling Mahal di RI Terjual Segini

Toyota Land Cruiser J300
Sumber :
  • Creative311

VIVA – All New Land Cruiser 300 meluncur di Indonesia pada 14 Januari 2022, melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pemegang mereknya. Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle kelas premium itu hadir dalam dua varian.

Pemilik Pajero Sport Ini Bisa Bikin Insinyur Mitsubishi Menangis

Harganya untuk Land Cruiser 300 VX-R, atau tipe terendah Rp2,327 miliar, dan GR Sport mencapai Rp2,378 miliar. Keduanya sama-sama dibekali penggerak empat roda, dengan mengandalkan transmisi matik.

All New Toyota Land Cruiser

Photo :
  • Dok: Toyota
Mengungkap Status Land Cruiser Pelat Nomor B3BAS yang Ugal-ugalan

Land Cruiser 300 memiliki konfigurasi 7-penumpang. Dipersenjatai mesin diesel enam silinder atau V6 berkapasitas 3.346cc. Tenaga maksimalnya mencapai 305 PS di 4.000 rpm, dan torsi puncak 700 Nm di 1.600-2.600 rpm

Mobil SUV itu memiliki bobot lebih ringan 200 kilogram berkat rangka baru yang didesain ulang dari platform TNGA (Toyota New Global Archiceture). Bahan material bodi lebih ringan, dan struktur suspensi depan, dan belakang juga direvisi.

Toyota Luncurkan Innova Baru Berpenggerak Roda Belakang

Sistem keamanannya sudah didukung Toyota Safety Sense (TSS), sama seperti model terbaru di kelas lain. Di dalam teknologi tersebut terdapat fitur-fitur penunjang keselamatan saat berkendara di kondisi tertentu.

Dengan perubahan tersebut, ternyata LC300 mampu menyedot perhatian orang-orang tajir di dunia, termasuk di Indonesia. Hal itu terbukti dari jumlah penjualannya ke jaringan diler hanya dalam waktu dua bulan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, dikutip VIVA Otomotif Kamis 17 Maret 2022, penjualan Land Cruiser 300 secara wholesales mencapai 108 unit periode Januari-Februari. Angka yang cukup besar untuk mobil mewah dengan harga selangit.

Secara detil, varian tertinggi atau LC300 GR Sport terjual 49 unit, dan tipe VX-R mulai didistribusikan ke diler pada Februari sebanyak 59 unit. Mobil SUV termahal Toyota di Indonesia itu berstatus impor secara utuh dari Jepang.

Tidak diketahui, jumlah tersebut sudah memenuhi permintaan pasar atau belum. Mengingat di negara asalnya, untuk mendapatkan Land Cruiser generasi terbaru itu konsumen harus menunggu hingga bertahun-tahun.

"Jika pesan sekarang, waktu pengiriman mungkin hingga empat tahun. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mempersingkat waktu pengiriman ke pelanggan kami di dunia,” tulis keterangan resmi Toyota dilansir Motor1.

Sebelumnya Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmy Suwandy tidak memberikan data jelas terkait waktu tunggu konsumen mendapatkan unit. Menurutnya, Land Cruiser 300 yang masuk ke RI disesuaikan dengan permintaan pasar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya