Minyak Goreng Mahal, Jangan Kaget Lihat Isi Garasi Menteri Perdagangan

Mendag Muhammad Lutfi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Harga minyak goreng yang melambung tinggi menjadi bahan perbincangan hangat, setelah Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mencabut ketentuan harga eceran tertinggi, atau HET minyak goreng pada 15 Maret 2022.

Tak Laku-laku, Harga Lelang Jeep Rubicon Mario Dandy Turun Rp 100 Jutaan

Melalui Peraturan Mendag No. 11 tahun 2022, subsidi yang diberikan hanya untuk minyak goreng curah, sedangkan eceran tertinggi Rp14 ribu per liter. Kini banderol minyak goreng eceran di pasar mencapai Rp20 ribuan per liter.

Toyota New Vellfire

Photo :
  • Dok: TAM
Harga Toyota Alphard Meroket, Selisihnya Setara Honda PCX Baru

Setelah kebijakan itu diterbitkan, nama Muhammad Lutfi menjadi sorotan. Namun di luar polemik tersebut, ada hal yang tidak kalah menarik jika melihat sepak terjang karirnya, serta harta kekayaan yang dimiliki saat ini.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Kemendag.go.id, Jumat 18 Maret 2022, pengusaha kelahiran 1969 itu merupakan lulusan Universitas West Lafayette, Indiana Amerika Serikat juruan ekonomi. Dia menjadi salah satu pendiri Mahaka Group bersama Menteri BUMN, Erick Thohir.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Selasa 14 Mei 2024

Meski dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses, Muhammad Lutfi juga memiliki segudang pengalaman di bidang pemerintahan. Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dia menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Sebelumnya saat berusia 36 tahun menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) termuda. Tidak heran dengan sejumlah usaha yang dimiliki, hingga karirnya yang cemerlang membuat kehidupannya sejahtera.

Muhammad Lutfi menjadi salah satu menteri yang tajir di era Presiden Jokowi. Pasalnya berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN, dia memiliki kekayaan mencapai Rp226,819 miliar pada Maret 2021.

Dari angka tersebut, tanah dan bangunan menjadi aset terbesar senilai Rp93,978 miliar, lalu surat berharga Rp72,583 miliar, harta lainnya Rp46,370 miliar, harta bergerak lainnya Rp29,100 miliar, lalu kas dan setara kas Rp20,352 miliar.

Sebagian hartanya juga dibelikan kendaraan. Meski tergolong kaya raya, namun melihat isi garasinya cukup mengagetkan, karena dia memiliki dua unit motor matik Honda yang nilainya hanya Rp5 juta dan Rp8 juta.

Secara total koleksi kendaraannya memiliki nilai Rp2,813 miliar, karena terdapat tiga unit mobil mewah. Mobil termahalnya Lexus jenis sedan lansiran 2010 seharga Rp1,5 miliar, dan sedan BMW buatan 2016 yang ditaksir Rp800 juta.

Kemudian mobil ketiga, atau yang paling murah adalah Toyota Vellfire lansiran 2017 seharga Rp500 juta. Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle itu dibangung menggunakan platform Alphard, namun dengan desain lebih agresif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya