Porsche Rakitan Asia Tenggara Harganya Lebih Murah

Pabrik Porsche di Malaysia
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Porsche mengumumkan bahwa mereka mulai merakit mobil di kawasan Asia Tenggara, tepatnya Malaysia. Hal itu menjadi awal perusahaan asal Jerman tersebut, untuk memperluas jaringan penjualan di industri otomotif.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Diketahui tempat pabrik rakitan tersebut merupakan yang pertama di luar Eropa, yang dibuat khusus untuk wilayah Asia. Lokasinya berada di dalam pabrik perakitan Sime Darby Berhad, sebuah perusahaan perdagangan dan logistik Malaysia.

“Tempat perakitan baru di Malaysia memenuhi kebutuhan pasar yang spesifik dan beroperasi bersama dengan jaringan lokasi produksi Porsche di Eropa,” ujar Anggota Dewan Porsche untuk Produksi dan Logistik, Albrecht Reimold, dikutip VIVA Otomotif dari Carscoops Rabu 30 Maret 2022

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Di sana, terdapat beberapa fasilitas yang salah satunya mendapatkan listrik tambahan dari panel surya, serta teknologi pemanenan air hujan juga telah digunakan untuk mengurangi air limbah. Bahkan karyawannya sudah terlatih yang dikelola secara eksklusif oleh warga Negeri Jiran.

Porsche Cayenne 2022

Photo :
  • Dok: Porsche
Parkiran Mobil di Bawah Pohon Ini Harganya Setara Rumah Mewah

Albrecht menuturkan, bahwa fasilitas yang berada pabrik itu sudah memenuhi standar kualitas. Nantinya, di sana perusahaan akan merakit berbagai jenis kendaraan roda empat, salah satunya tipe sport.

“Pabrikan yang berada di Malaysia Ini sudah memenuhi standar kualitas komprehensif yang ditetapkan oleh Porsche yang nantinya merakit mobil sport,” jelasnya.

Salah satu model yang pertama dibuat di fasilitas produksi baru itu adalah Porsche Cayenne, yang mengusung desain SUV. Karena merupakan rakitan lokal, diklaim mampu menurunkan harga secara signifikan.

Menurut pasar Malaysia, mobil Cayenne buatan lokal mulai dari 550.000 Ringgit Malaysia atau sebesar Rp1,8 miliar. Sementara, modal yang diimpor dari luar negeri untuk mobil tersebut dibanderol 665.000 Ringgit atau seharga Rp2,2 miliar.

Mobil SUV mewah itu memiliki spesifikasi mesin bensin V6 3.000cc Turbocharged, dengan 335 daya kuda dengan torsi sebesar 450 Newton meter. Transmisinya otomatis Tiptronic S delapan percepatan, yang menggerakkan keempat roda.

Sedikit informasi, Cayenne lokal juga hadir sebagai standar dengan banyak fitur yang sebelumnya opsional pada model impor.  Contohnya, mobil ini memiliki roda RS Spyder 21 inci, dan sistem Park Assist Porsche dengan tampilan depan, belakang serta keliling alias 360 derajat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya