Ditangkap KPK, Bupati Bogor Punya Mobil Baru Nyaris Setengah Miliar

Bupati Bogor Ade Yasin Ditangkap KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan Bupati Bogor, Ade Yasin bersama auditor Badan Pemeriksaan Keuangan Jawa Barat, terkait kasus suap pada, Rabu 27 April 2022 kemarin.

Jokowi Bocorkan Kriteria Pansel Capim KPK

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, Bupati Bogor periode 2018-2023 berkeinginan agar Pemkab Bogor kembali mendapat predikat wajar tanpa pengecualian untuk laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Jabar.

Saat operasi tangkap tangan pada 26-27 April kemarin, lembaga anti rasuah itu mengamankan barang bukti berupa uang senilai Rp1,024 miliar dalam bentuk tunai Rp570 juta, dan rekening bank sebanyak Rp454 juta.

Nurul Ghufron Kasih Kode Bakal Maju Lagi di Seleksi Capim KPK Tahun 2024

Atas kasus tersebut, sebagian penasaran dengan sosok Ade Munawaroh Yasin. Tidak terkecuali dengan harta kekayaan yang dimilikinya, termasuk koleksi kendaraan.

Bupati Bogor Ade Yasin Ditangkap KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Rampung Jalani Sidang Pelanggaran Etik Perdana, Nurul Ghufron: Kami Hormati Prosesnya

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengantongi pundi-pundi Rp4,251 miliar pada 2021, meningkat lebih dari Rp400 juta dari tahun lalu.

Dari angka tersebut, aset terbesar adalah tanah dan bangunan senilai Rp2,290 miliar. Kemudian kas dan setara kas Rp726,788 miliar, dan harta bergerak lainnya yang tidak dijelaskan secara detail senilai Rp600 juta.

Sementara koleksi kendaraan di dalam garasi rumahnya, terparkir dua unit mobil yang secara total Rp635 juta. Mobil termahalnya adalah BMW 320i lansiran 2016, sedan legendaris tersebut harganya ditaksir Rp435 juta.

Berkaca dari tahun pembuatannya, BMW 320i yang dimiliki Ade Yasin adalah generasi keenam dengan kode sasis F30. Pertama kali diproduksi pada 2011, sampai 2018 dengan beberapa kali pembaharuan desain eksterior.

Secara varian model tersebut lebih banyak, salah satunya versi hybrid, hingga Gran Turismo yang memiliki dimensi lebih panjang. Penampilannya yang modern ditunjang dari lampu depan terhubung dengan kidney grill.

Sedan tersebut memiliki atap seperti coupe, dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang. BMW juga menyediakan paket M Sport, dan konsumen bisa menyesuaikan keinginan warna serta bahan material di dalam interior.

BMW series 3 model tersebut juga sudah dirakit lokal di Gaya Motor, Sunter. Dengan statusnya yang CKD atau Completely Knock Down, maka harga jualnya agak terjangkau dibandingkan versi impornya. Sedan empat pintu tersebut dipersenjatai mesin berkapasitas 1.998cc turbo, yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 184 daya kuda, dan torsi 290 Nm. Disalurkan melalui transmisi matik.

BMW tersebut adalah mobil baru Ade Yasin, karena baru masuk data LHKPN di 2021. Sebelumnya mobil yang dimiliki Daihatsu Feroza 4x2 lansiran 1995 seharga Rp65 juta, Mitsubishi Xpander Ultimate 2019, dan Mazda 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya