Mobil Baru Buatan RI Ini Banjir Peminat di Luar Negeri

Booth Hyundai di IIMS 2022
Sumber :
  • Dok: HMID

VIVA – Mobil buatan Indonesia kualitasnya sudah lama diakui di banyak negara, mulai dari kawasan Asia hingga Timur Tengah. Bahkan, ada juga unit yang dikapalkan ke negara-negara di Amerika Selatan dan Jepang.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip VIVA Otomotif Selasa 13 Juni 2022, pada Mei kemarin jumlah kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang diekspor dalam kondisi utuh mencapai 26.405 unit.

Angka tersebut lebih rendah dari ekspor kendaraan completely built up atau CBU di bulan sebelumnya, yang tercatat sebanyak 36.211 unit. Artinya, ada penurunan sebesar 27 persen.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Meski demikian, pencapaian di bulan ke-5 tahun ini masih jauh lebih baik dari bulan yang sama tahun lalu, dengan selisih 95 persen.

Hyundai Creta

Photo :
  • Jeffry
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Salah satu model yang dibuat di Tanah Air untuk memenuhi kebutuhan di dalam maupun luar negeri, dan baru dikapalkan ke luar negeri pada Februari tahun ini adalah Hyundai Creta.

Mobil yang masuk ke dalam segmen compact sport utility vehicle atau CSUV itu diperkenalkan secara perdana pada akhir tahun lalu, namun baru dipasarkan pada awal tahun ini.

Pada Februari, jumlah Hyundai Creta yang diekspor secara CBU adalah sebanyak 853 unit. Lalu di bulan berikutnya bertambah menjadi 1.946 unit,  kemudian 2.611 unit dan pada Mei sebanyak 3.099 unit.

Sementara itu, Daihatsu menempati urutan pertama merek otomotif yang paling banyak melakukan pengiriman mobil ke luar negeri. Diikuti oleh Toyota, dan kemudian Suzuki. Berikut daftar lengkapnya:

5 merek otomotif yang paling banyak mengekspor kendaraan periode Mei 2022:
1. Daihatsu  – 9.265 unit
2. Toyota  – 6.369 unit
3. Suzuki – 4.282 unit
4. Hyundai HMMID – 3.099 unit
5. Mitsubishi Motors – 2.360 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya