Mobil Jagoan Off Road Diadu di Jalan Lurus, Siapa yang Menang?

Ford Bronco vs Jeep Wrangler
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Mobil yang diproduksi massal oleh pabrikan, tentu sudah melewati berbagai pengujian sebelum dijual ke pasar. Setiap produk yang diciptakan memiliki spesifikasi berbeda-beda disesuaikan dengan jenis, dan target pasarnya.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Secara garis besar, SUV atau sport utility vehicle, dan jip diperuntukan sebagai mobil tangguh yang bisa melahap berbagai medan jalan. Mobil penumpang jenis itu memiliki penggerak empat roda, dan ground clearance tinggi.

Suspensi dari mobil SUV, atau jip juga disesuaikan agar penggunanya bisa melewati jalan ekstrim sekalipun. Meski mobil tersebut cocok digunakan off road, ada sebagian pemilik yang menggunakan di jalan raya saja.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Tujuan utamanya sebagai penunjang gaya hidup, mengingat jip atau SUV kelas premium memiliki desain menarik, dan fitur mumpuni layiknya mobil on road. Seperti halnya Jeep Wrangler, atau Ford Bronco.

Jeep Wrangler, dan Ford Bronco merupakan mobil gagah buatan Amerika Serikat yang sudah memulai persaiangannya sejak lama.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Ford Bronco sudah menjadi SUV terlaris di negeri paman sam sejak 1966. Bahkan kemunculan Jeep Wrangler pada 1986 menggantikan Jeep CJ-7 belum bisa menggeser kedigdayaannya, begitu juga model barunya.

Melihat persaingan ketat tersebut, chanel Youtube Fast Lane Car seperti yang diberikan Carscoops, Jumat 1 Juli 2022, JK Wrangler 392 diadu dengan Bronco Raptor, bukan di jalur off road melainkan di jalan lurus permukaan aspal.

Tidak diketahui identitas pengemudi dari masing-masing mobil, namun hasilnya Wrangler 392 lebih cepat. Untuk mencapai jarak seperempat mil hanya butuh 15,2 detik, sedangkan Bronco mencapai 16,1 detik, selisih tipis.

Dari kondisi diam sampai 96 km per jam, mobil gagah andalan Jeep itu butuh waktu 6,66 detik sedangkan klaim pabrikan hanya 4,5 detik. Sedangkan Bronco Raptor untuk mencapai kecepatan yang perlu 7,89 detik.

Di atas kertas, Bronco Raptor dibekali mesin enam silinder V6 berkapasitas 3.000cc twin-turbo dengan tenaga maksimal 418 dk, dan torsi 596 Nm. Lebih besar dari versi sebelumnya yang hanya 2.700cc dengan tenaga 330 dk.

Sedangkan mesin Wrangler 392 belum didukung turbo namun kapasitasnya lebih besar. Didukung delapan silinder atau V8 berkapasitas 6.400cc, tenaga maksimal yang disemburkan mencapai 470 dk, dan torsi 637 Nm.

Sebagai informasi, Ford Bronco sudah masuk pasar Indonesia melalui jalur importir umum, beberapa waktu lalu kepergok penampakannya di jalan raya Jakarta dengan setir kanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya