Mobil Baru Canggih Meluncur, Bisa Jalan Tanpa Mesin Hidup

Nissan Kicks e-Power Autech
Sumber :
  • Autodeft.com

VIVA Otomotif – Nissan Kicks e-Power yang dirilis pada September 2020 di Indonesia menjadi salah satu mobil listrik yang unik. Pasalnya mobil tersebut tetap memiliki mesin pembakaran, namun bukan untuk menyalurkan tenaga ke roda.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Indonesia menjadi negara ketiga yang meluncurkan Nissan Kicks e-Power setelah Thailand, dan Jepang pada saat itu. Mobil yang ditawarkan seharga Rp432,800 juta itu, dibekali mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.198cc.

Nissan Kicks dan Nissan Leaf e-Power

Photo :
  • Nissan Indonesia
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Namun, mesin pembakaran tersebut hanya bertugas sebagai genset yang akan menyala otomatis untuk mengisi baterai. Artinya untuk menggerakkan kedua roda depan tetap mengandalkan satu sumber, yakni motor listrik.

Motor listrik berkode EM57 dapat menghasilkan tenaga 127,3 dk, dan torsi 260 Nm, disalurkan melaui baterai berkapasitas 1,75 kWh. Dengan teknologi tersebut, pengguna Kicks e-Power tidak memerlukan pengisian baterai.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Meski secara teknologi sudah sesuai dengan kondisi infrastruktur di Indonesia, namun secara penjualan tidak begitu menjanjikan. Padahal di beberapa negara mobil pelahap seterum itu cukup menjadi primadona.

Salah satunya di Thailand, mengingat pasarnya yang menjanjikan sehingga Nissan memilih negara tersebut untuk merilis Kicks e-Power baru dengan teknologi lebih canggih.

Melansir website Nissan Thailand, Senin 4 Juli 2022, Kicks Autech menggunakan teknologi e-Power generasi kedua. Kapasitas baterai diperbesar, sehingga jarak tempuh dan tenaga yang dihasilkan lebih baik dari sebelumnya.

Nissan tetap mengandalkan baterai lithium-ion, namun dayanya meningkat menjadi 2,06 kWh. Sehingga tenaga maksimal bisa mencapai 136 dk, dan torsi menjadi 280 Nm.

Baterai yang lebih besar tersebut diklaim dapat menghemat penggunaan bahan bakar pada mesin konvensional. Karena mesin peminum bensin itu dianggap tidak terlalu sering hidup untuk mengisi daya ke baterai.

Berdasarkan pengujian internal, mesin yang serupa dengan versi sebelumnya mencatatkan konsumsi bahan bakar 26,3 kilometer per liter.

Mesin dan komponen kelistrikan Nissan Kicks di kap depan

Photo :
  • viva.co.id/ Pius Mali

Selain pada sektor jantung pacunya mendapatkan perubahan, fitur e-pedal Kicks Autech ditingkatkan demi mendapatkan deselerasi yang maksimal, saat melepas pedal gas.

Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle tersebut juga mendapatkan penyegaran pada bagian eksteriornya, desain bumper depan dan belakang berubah, desain pelek juga berbeda, dan diberikan tambahan spoiler sehingga lebih sporty.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya