Pesaing Avanza dan Xenia, Ini Fitur Andalan Hyundai Stargazer

Interior Hyundai Stargazer
Sumber :
  • Dok: HMID

VIVA Otomotif – Hyundai Stargazer sudah resmi diperkenalkan oleh Hyundai Motors Indonesia, membuat persaingan di pasar mobil kelas low MPV akan semakin ramai.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Mobil itu akan bersaing dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga. Sehingga Hyundai Stargazer harus punya keunggulan yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya.

Salah satu fitur andalannya yakni Hyundai Bluelink, yang sudah disematkan pada hyundai Creta dan merupakan produk dari teknologi terkoneksi. Fungsinya memantau kondisi kendaraan melalui teknologi Manual/Automatic Diagnostic Report, dan secara otomatis akan melakukan diagnosa jika terjadi kejanggalan pada mobil.

Ini Mobil Andalan Pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk Jalan-jalan di Indonesia

Fitur Bluelink dan SOS di Hyundai Stargazer

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Fitur konektivitas ini memungkinkan pemilik kendaraan terhubung, dan memiliki akses penuh atas mobil mereka melalui ponsel pintar atau smartphone.

Terpopuler: Harga Plus Pajak Tahunan Mobil Bekas Honda Brio dan Daihatsu Xenia

"Kehadiran Bluelink ini ditujukan untuk memberi keamanan dan kenyamanan lebih melalui fitur-fitur yang tersemat di Bluelink untuk pengguna Stargazer nantinya," jelas Makmur, Chief Operating Officer (CEO) PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, dikutip Jumat 15 Juli 2022.

Fitur lain yang dapat diandalkan untuk meningkatkan keamanan berkendara dalam Hyundai Stargazer adalah ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA).

Cara kerja fitur ACN adalah memberikan data dalam bentuk lokasi, dan informasi pemilik kendaraan kepada Pusat Bantuan Hyundai, ketika terjadi kecelakaan atau saat airbag mengembang.

Pusat Bantuan Hyundai akan menerjemahkan pemberitahuan ini, dan mengirim unit medis maupun unit yang dibutuhkan lainnya ke lokasi terjadinya kecelakaan. Pemilik juga bisa memfungsikan tombol SOS (Save Our Souls), yang terdapat di langit-langit baris pengemudi untuk menghubungi Pusat Bantuan atau keperluan mendesak lainnya.

Tombol digunakan untuk menghubungi Pusat Bantuan Hyundai, dan menyampaikan kebutuhan tanpa melalui telepon genggam, karena tersedia mikrofon yang menghadap ke arah pengemudi dan penumpang.

Kedua fitur tadi didukung Roadside Assistance (RSA), sebagai layanan bantuan darurat 24 jam yang disediakan Hyundai. Selain itu, terdapat pula fitur unggilan pada segi keamanan, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang beroperasi saat kendaraan dicuri.

Nantinya melalui Hyundai Bluelink, pemilik bisa menidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka, karena fitur itu bisa mengirimkan notifikasi kepada smartphone pemilik kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya